Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemko Banjarmasin Siapkan Dana Rp.10 M

Gambar ilustrasi.
Gambar ilustrasi.

Lenterakalimantan.com, BANJARMASIN – Mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah kasus Covid-19,Pemerintah Kota Banjarmasin selain menyiapkan seluruh puskesmas sebagai tempat rawat inap, Pemko Banjarmasin juga tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 10 miliar.

Hingga Selasa, (13/07/) kemarin, tercatat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 103, dari hari sebelumnya berjumlah 253 kasus terkonfirmasi positif. 

Selain itu, dari anggaran yang tengah disiapkan sebesar Rp10 Miliar dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), untuk merekrut tenaga kesehatan (Nakes), diharapkan dapat  berfungsi mengisi tambahan layanan kesehatan. 

Bacaan Lainnya

“Sepuluh miliar rupiah itu cukup gaji nakes sampai enam bulan kedepan. Termasuk memenuhi kebutuhan Alat Kesehatan (Alkes) sebagai penunjangnya,” imbuhnya.

Pucuk pimpinan Kota Seribu Sungai pun terus berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk penegakkan Protokol Kesehatan (Prokes). Salah satunya melakukan penjagaan di pintu-pintu masuk mulai dari perbatasan provinsi hingga Kabupaten/Kota. 

Seperti mendirikan posko PPKM di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih, dan pelabuhan-pelabuhan kecil yang berbatasan dengan Kabupaten/Kota lain.  “

“Selain menambah tempat tidur di RS dan Tenda-tenda kita juga siapkan puskesmas sebagai rawat inap pasien Covid-19,” ucap Walikota H Ibnu Sina,  usai rapat bersama Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin kemarin.

Kalau pintu masuk diberlakukan wajib PCR Negatif dan penjagaannya dimaksimalkan, saya rasa ini bisa dicegah. Termasuk jalan-jalan tikus. Intinya bagaimana kita mengurangi pergerakan manusia semaksimal mungkin. Kita juga belum menarik rem darurat,”tandasnya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.