Tingkatkan Kinerja Pemerintah, Pemkab Banjar Bentuk Desa Berintegritas

Sekda HM Hilman saat membuka Sosialisasi Desa Berintegritas, di Hotel Rodhita Banjarbaru, Rabu (7/12/2022) pagi.
Sekda HM Hilman saat membuka Sosialisasi Desa Berintegritas, di Hotel Rodhita Banjarbaru, Rabu (7/12/2022) pagi.

lenterakalimantan.com, BANJARBARU – Dalam rangka mewujudkan visi dan misi kepala daerah, yaitu mewujudkan Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis (MANIS) tentunya membutuhkan kolaborasi dari seluruh stakeholder terkait, termasuk pemerintahan desa sebagai salah satu elemen penting dalam mendukung pembangunan di daerah.

Hal tersebut diutarakan Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Sekda HM Hilman saat membuka Sosialisasi Desa Berintegritas, di Hotel Rodhita Banjarbaru, Rabu (7/12/2022) pagi.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Hilman, program pembangunan desa berintegritas merupakan sebuah strategi kolaboratif yang diharapkan efektif dalam pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Untuk tahap awal pembangunan desa berintegritas dilaksanakan 20 (dua puluh) desa, dimana satu kecamatan satu desa yang menjadi role model atau percontohan di Kabupaten Banjar yang akan didampingi dan dikawal oleh instansi terkait termasuk pengawasan langsung dari masyarakat desa itu sendiri,” ujarnya.

Hilman menyebut pencanangan sosialisasi sekaligus dirangkai dengan momentum peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2022 dengan tema “Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi”.

Sementara Inspektur Kencana Wati berharap adanya kegiatan tour program pembangunan desa berintegritas ini akan lebih meningkatkan kinerja pemerintahan desa di Kabupaten Banjar.

“Adanya kolaborasi dari DPMD, Inspektorat, BPKP dan KPK siap mengawal 20 desa yang menjadi percontohan tersebut diharapkan dapat menularkan kepada desa desa lainnya dengan menyelaraskan program KPK yakni program Desa Anti Korupsi,” harapnya.

Sosialisasi yang diselenggarakan Inspektorat Banjar ini berlangsung selama dua hari yaitu 7-8 Desember 2022, menghadirkan narasumber dari Waka Polres M Fihim, Kepala Keasistenan Pemeriksa Pelaporan Ombudsman Benny Sanjaya dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini dihadiri Korwas Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel Mohammad Riyanto, SKPD terkait, Ketua DPC APDESI, para camat, pambakal beserta pendamping lokal desa dan para anggota Badan Permusyawaratan Desa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *