Kebakaran Mapolda Kalsel, Direktur Reskrimum Polda Kalsel: Kesimpulan Sementara Diduga Korsleting di Plafon

Gedung di Polda Kalsel yang berada di Jalan DI Pandjaitan Banjarmasin Terbakar, Rabu (25/1/2023).
Gedung di Polda Kalsel yang berada di Jalan DI Pandjaitan Banjarmasin Terbakar, Rabu (25/1/2023).

lenterakalimantan.com, BANJARMASIN – Penyebab terbakarnya bangunan tua atau gedung Biro SDM Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai terjawab.

“Hasil kesimpulan sementara memang ada korsleting listrik,” ujar Direktur Reskrimum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman, Kamis (26/1/2023).

Bacaan Lainnya

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) sementara kebakaran diduga akibat korsleting listrik dibagian atas.

Korsleting listrik itu terjadi di plafon atap bangunan. Persisnya di ruang Bagian Pembinaan Karier (Bag Binkar).

Dia menjelaskan saat kejadian pun kurang lebih jam tujuh malam sudah hujan, sampai kejadian masih gerimis. “Dan itu dari atas plafon salah satu ruangan di Biro SDM,” jelasnya.

Kesimpulan ini sesuai hasil olah TKP sementara yang dilakukan penyidik Ditreskrimum Polda Kalsel usai kebakaran terjadi.

“Memang usai kejadian kami juga sudah melakukan olah TKP personel Polda Kalsel sendiri ada yang memiliki sertifikat terkait olah TKP perkara kebakaran,” jelas Hendri.

Untuk mengetahui penyebab kebakaran ini Polda Kalsel juga mendatangkan, Tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Jawa Timur, guna melakukan serangkaian penyelidikan kebakaran yang terjadi pada Rabu (25/1) malam sekitar pukul 21.30 Wita

“Tim sengaja didatangkan dari Polda Jawa Timur untuk mencari tahu secara pasti penyebab kebakaran. Ada tiga orang. Yang mimpin tadi Kombes Pol Sodiq,” beber Hendri.

Hendri memperkirakan penyelidikan yang dilakukan Tim Puslabfor pun tak akan memakan waktu yang lama.

“Setelah pemeriksaan sore ini mungkin besok sudah pulang,” bebernya.

Hasil penyelidikan secara tertulis memakan waktu dua sampai tiga hari. Tapi sebelumnya tentu sudah ada gambaran hasil analisis dan evaluasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *