Paman Birin dan Acil Gelorakan Budaya Hidup Sehat pada Germas Cinta Banua di SMAN 1 Gambut

Foto : Donny Sopandi

lenterakalimantan.com, BANJAR – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah meresmikan Germas Cinta Banua atau Gerakan Remaja Sehat, Ceria, Inovatif, Tangguh dan Aktif Bangun Negeri Bersama Tahun 2024 di SMAN 1 Gambut, Kamis (30/05) pagi.

Bacaan Lainnya

Setiba di SMAN 1 Gambut Pukul 11.00 WITA, Paman Birin dan Acil Odah langsung menuju lokasi pemeriksaan kesehatan di salah satu ruangan sekolah, mulai dari pemeriksaan tekanan darah, mengukur tinggi badan dan lainnya.

Di lokasi pemeriksaan kesehatan, tampak Paman Birin berbincang-bincang dengan anak-anak yang sudah mengantre untuk diperiksa. Sementara Acil Odah dikerumuni siswi-siswi yang ingin bersalaman atau pun sekadar mengajaknya untuk berfoto bersama.

Setelah meninjau lokasi pemeriksaan kesehatan, Paman Birin dan Acil Odah disambut kesenian hadrah khas Banjar hingga menuju lokasi acara utama, selanjutnya ada juga penampilan tarian penyambutan dari Sanggar Tari SMAN 1 Gambut.

Germas Cinta Banua itu sendiri, merupakan program edukasi pentingnya menjaga kesehatan di kalangan siswa yang di gagas Acil Odah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah nahkodanya, pilot project program Germas Cinta Banua berlokasi di tiga sekolah di tiga kabupaten/kota, salah satunya di SMAN 1 Gambut Kabupaten Banjar.

Menurut Acil Odah, untuk tahun 2024, Germas Cinta Banua hanya dilaksanakan di tiga lokasi, dan kedepannya, akan terus ditambah ke seluruh tingkatan sekolah-sekolah yang ada di Banua Kalimantan Selatan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong sekolah untuk membudayakan hidup sehat mulai dari lingkungan sekolah. Anak-anak sekolah menjadi harapan masa depan kemajuan Banua untuk menjemput Indonesia emas di masa yang akan datang,” ujarnya.

Acil Odah berharap gerakan ini nantinya tidak hanya menyasar sekolah SMA sederajat, tetapi menjadi gerakan yang cakupannya akan diperluas, mulai dari satuan pendidikan PAUD, SD hingga SMP yang ada di seluruh Kalimantan Selatan diharapkan dapat melaksanakan gerakan hidup sehat melalui program Germas Cinta Banua tersebut.

Menurut Istri Gubernur tersebut, output dari gerakan ini diharapkan dapat terbangun komitmen bersama antara sekolah maupun siswa untuk membudayakan hidup sehat, ceria, inovatif, tangguh dan aktif menyongsong masa depan Kalsel sebagai Gerbang Ibu Kota Nusantara nantinya.

“Lewat gerakan hidup sehat dari sekolah ini lah, maka pelajar akan siap menghadapi tantangan di masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, SMAN 1 Gambut sebagai lokasi terakhir dari Program Germas Cinta Banua begitu istimewa dengan siswa-siswinya yang luar biasa semangat.

Paman juga memotivasi para siswa dengan menceritakan perjuangannya sewaktu dirinya masih sekolah. Mulai dari SMP, Paman Birin sudah menjadi ketua OSIS, begitu pun sewaktu SMA hingga perguruan tingginya dirinya selalu senang berorganisasi.

“Artinya, jangan pangoler. Menjadi pemuda harus memiliki cita-cita tinggi dan harapan yang tinggi. Akan tetapi jangan sampai cita-cita maupun harapan itu tidak diiringi dengan doa. Mintalah doa kuitan, insya Allah segala hajat kita di kabulkan. Dan Alhamdulillah, dengan proses yang panjang itu saya bisa menjadi Gubernur seperti sekarang,” ucap Paman Birin diiringi tepuk tangan yang meriah.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk komitmennya untuk meningkatkan fasilitas di sekolah, Paman Birin juga memberikan hadiah kepada sekolah yakni dengan janji akan mempaping halaman SMAN 1 Gambut.

Lalu Paman Birin memanggil 10 dengan pertanyaan nama-nama ikan dan cara membuat gangan waluh, kesepuluhnya mendapat hadiah uang total 4,5 juta.

Selanjutnya Paman Birin juga membagikan uang kepada puluhan siswa yang maju sebanyak Rp100 ribu perorang.Seusai memberikan sambutan, Paman Birin dan Acil Odah mengundi kupon yang akan mendapatkan hadiah dorprize sepeda motor dan kulkas. Mualida mendapatkan kulkas, dan Muhammad Zakir mendapat motor.Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Gambut Indriyono menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Paman Birin dan Acil Odah, menurutnya beliau merupakan Gubernur pertama yang mendatangi sekolah tersebut.

“Terima kasih atas kunjungan yang luar biasa ini, terima kasih juga telah menjadikan sekolah kami dalam pelaksanaan program Germas Cinta Banua,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *