Perkuat Sektor Perikanan Balangan, Bupati Abdul Hadi Ikut Panen Raya Ikan Keramba

Bupati Balangan Abdul Hadi saat memanen ikan di keramba menggunakan halawit bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) setempat, di Desa Kandang Jaya, Lampihong. Foto: Diskominfo Balangan
Bupati Balangan Abdul Hadi saat memanen ikan di keramba menggunakan halawit bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) setempat, di Desa Kandang Jaya, Lampihong. Foto: Diskominfo Balangan

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Bupati Balangan Abdul Hadi, baru-baru ini terlibat langsung dalam proses panen raya ikan keramba bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Balangan di Desa Kandang Jaya, Kecamatan Lampihong.

Keterlibatan Abdul Hadi tersebut, merupakan tindak lanjut pemerintah daerah untuk memperkuat sektor perikanan, selaku orang nomor satu di bumi sanggam, tidak tanggung-tangung ia terjun langsung menangkap ikan menggunakan alat yang ramah lingkungan.

Bacaan Lainnya

Menurut Bupati Abdul Hadi, pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan terus menjalin komunikasi dan koordinasi untuk menggali potensi atau peluang dalam memajukan dan memperkuat sektor di bidang perikanan.

“Dinas Perikanan lebih berkonsentrasi lagi pada petani-petani kita, saling berkoordinasi untuk memberikan masukan, pengetahuan, sehingga membuka wawasan yang lebih luas bagi para petani, bukan hanya berskala keluarga ataupun berskala lebutuhan lokal,” ujarnya.

Bupati Abdul Hadi, juga menyampaikan bahwa panen ikan kali ini, tidak hanya sekedar panen raya biasa, melainkan momen silaturahmi sesama pemilik keramba bersama jajaran Pemkab Balangan, untuk saling berbagi dalam upaya memajukan potensi perikanan.

“Saya mengapresiasi para petani yang telah berhasil membudidayakan ikan konsumsi dengan baik,” ucapnya.

Terkait hal ini, Ketua HNSI Balangan, Khairullah mengatakan, ikan nila yang telah dipanen ini merupakan bibit yang ditebar pada bulan Januari lalu, dan menghasilkan ikan paling besar seberat 4 ons, dengan jumlah keramba sebanyak 20 buah.

“Hasil panen ikan nila sebanyak 1 ton 6 kuintal dari 20 keramba, masing-masing keramba menghasilkan 80 kilogram, begitulah kira-kita,” bebernya.

Selain Bupati Abdul Hadi, Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin juga turut andil dalam kegiatan panen raya ikan nila bersama para petani ikan yang berlangsung cukup meriah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *