Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Wabup HST Sampaikan Pesan Kebangsaan

Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri (tengah) bersama Forkopimda usai melaksanakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Foto: Humas Bupati HST
Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri (tengah) bersama Forkopimda usai melaksanakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Foto: Humas Bupati HST

lenterakalimantan.com, BARABAI – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Mansyah Sabri memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Dwi Warna Barabai, Sabtu (1/6/2024).

Upacara yang berjalan khidmat ini diikuti forkopimda dan instansi vertikal HST di bawah Inspektur Upacara, Dandim 1002/HST, Letkol Inf Fery Perbawa. Wabup pun menyampaikan sejumlah pesan kebangsaan.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bahwa tema besar Hari Lahir Pancasila 2024 ini yakni Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Hal ini tentu sebagai suatu ajakan bagi kita semua bahwa Pancasila menyatukan kita.

“Menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” katanya.

Lebih lanjut, Mansyah pun mengajak seluruh peserta upacara untuk senantiasa patut mensyukuri momentum ini sebagai bangsa yang majemuk. Mengingat, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

“Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional yakni Bhinneka Tunggal Ika.

Ia juga mengajak seluruh peserta upacara dan tentu masyarakat umum Kabupaten HST untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila.

“Mari sama-sama kita bumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tegasnya.

Dalam sejarah perjalanan Bangsa ini, Pancasila terbukti mampu mempersatukan segenap anak bangsa dalam menghadapi berbagai gelombang tantangan dan ujian sejarah.

Oleh karena itu, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *