Pintu Irigasi di Desa Pakacangan Belum Terpasang, Ini Tanggapan PPK

Bendungan Irigasi di Desa Pakacangan Kabupaten Hulu Sungai Utara
Bendungan Irigasi di Desa Pakacangan Kabupaten Hulu Sungai Utara

lenterakalimantan.com, AMUNTAI – Proyek Irigasi Desa Pakacangan Kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan nilai pagu sebesar Rp13,5 Miliar yang bersumber dari APBN ini masih mengalami kendala dalam pemasangan Pintu air.

Amiril selaku PPK membenarkan soal adanya kendala untuk melakukan pemasangan kembali pintu air.

Bacaan Lainnya

Dalam pernyataannya saat bertemu reporter lenterakalimantan.com di Balai Wilayah Sungai Kalimantan III bersama stafnya (Selasa, 4 Juni 2024), menyatakan bahwa proyek irigasi di Desa Pakacangan sedang dalam masa pemeliharaan sampai Desember 2024.

“Sebenarnya proyek irigasi ini masih dalam masa pemeliharaan sampai Desember 2024, pihak kontraktor sudah mulai melakukan pemasangan kembali terhadap pintu air tersebut, kerana kemarin memang pintu air sempat dilepas sebab ada kendala pada rubber seal” tegas Amiril.

Meski demikian, PPK menjelaskan, kendala yang ada dalam masa pemeliharaan proyek Irigasi Desa Pakacangan tsb, saat pemasangan pintu air hidrolik, terdapat kendala pada komponen pendukungnya yaitu berupa rubber seal untuk pintu air ada ketidaksesuaian dengan bidang pasangnya, sehingga untuk menghindari kebocoran maka rubber seal diganti & pintu air harus dilepas lagi karena faktor tersebut.

“Pihak kontraktor juga sudah berkoordinasi dengan saya, bahwa mereka sudah mulai melakukan pemasangan kembali pintu air setelah debit air turun dan sebelumnya pihak pekerja juga sudah melepas penutup sementara dan memindahkan karung-karung pasir penyangga dan saat pintu air akan dipasang debit air mencapai 2 meter sehingga belum memungkinkan untuk dipasangnya pintu air,”jelasnya.

Untuk itu, PPK meminta agar pelaksana pekerjaan dimasa pemeliharaan ini dapat menyelesaikan pemeasangan pintu air tersebut sambil menunggu debit air turun sehingga bisa terselasaikan sebelum Desember 2024 sesuai jadwal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *