ASN Kabupaten Tapin Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

lenterakalimantan.com, RANTAU – Kini Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tapin secara resmi meninggalkan tanda tangan manual dan beralih ke tanda tangan elektronik yang nantinya dapat memudahkan birokrasi di Kabupaten Tapin. 

Hal itu sejalan dilakukannya penandatanganan perjanjian kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik, antara Pemerintah Daerah Kab Tapin dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kamis 14/10 bertempat Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) 

Bacaan Lainnya

Sekretaris utama BSSN Syahrul Mubarak, mengatakan kerjasama ini sebagai bentuk dukungan BSSN terhadap penyelenggaraan sistem elektronik di  lingkungan pemerintahan daerah melalui penggunaan sertifikat  elektronik yang diwujudkan dalam tanda tangan elektronik. 

“Diterapkan tanda elektronik ini nantinya dapat memudahkan birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat,” Jelasnya 

Dia mengatakan hasil pemantauan dari mitra Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), sertifikat elektronik telah mampu mewujudkan terselenggaranya berbagai kegiatan yang memanfaatkan sistem elektronik, utamanya selama masa pandemi Covid -19. 

“Diimplementasikannya sertifikat elektronik sebagai langkah konkrit, sehingga pemenuhan aspek keamanan dan sistem elektronik dapat terlaksana dengan baik,”bebernya

Sementara Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan dengan diberlakukannya tanda tangan elektronik di Kabupaten Tapin, nantinya dapat memberikan jaminan terhadap keaslian identitas yang bersangkutan dan keutuhan konten data/dokumen. 

Selain jaminan keamanan terhadap pemalsuan data/dokumen. “Tanda tangan elektronik juga dapat membuat administrasi pemerintahan menjadi lebih efisien, lebih cepat, serta lebih ramah lingkungan karena menghemat kertas,” Ungkapnya

Tinggal berlakunya tanda tangan elektronik ini nantinya memerlukan sumber daya manusia yang memadai untuk menjalankannya, sehingga tanda tangan elektronik yang diberlakukan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. 

“Jangan setelah diberlakukan tanda tangan elektronik malah tidak bermanfaat karena tidak bisa menggunakan,” Tegas Bupati. 

Untuk itu saya berharap kepada Badan Siber dan Sandi Negara agar dapat memberikan sosialisasi atau pelatihan kepada Sumber daya Manusia di Kabupaten Tapin khususnya mengenai pemanfaatan tanda tangan elektronik dengan maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.