Kalsel Bakal Pindah Ke Motor Listrik, Main Dealer Rakata Kalsel Gandeng Politala Untuk Kembangkan Tekhnologi

  • Whatsapp

lenterakalimantan.com PELAIHARI – Pemerintah terus mengupayakan percepatan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Kendaraan listrik punya energi bersih dan efisien.

Hal itu pun sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Bacaan Lainnya

Menyikapi hal tersebut salah satu perusahaan Motor Listrik asal Jakarta yakni Rakata Motorcycle akan mencoba bersaing dibursa pasar kendaraan bermotor di Wilayah Kalimantan Selatan.

“Memang kita akan serius mengembangkan dan merubah mainset masyarakat di Kalimantan Selatan dengan beralih ke motor listrik, karena sesuai Perpres nomor 55 sudah jelas instruksi dari presiden terkait hal tersebut, makanya Rakata melalui Main Dealer di Kalsel kedepan untuk pemasaran motor listrik bisa lebih gencar lagi,”ucap General Manager Rakata Motorcycle F.Djovani, Minggu (3/10).

Bahkan dengan daya tarik motor listrik sendiri juga menarik minat Politeknik Negeri Tanahlaut (Politala). Terlebih satu-satunya perguruan tinggi di Tala tersebut memiliki Jurusan Otomotif yang berkecimpung pada bidang tersebut.

Guna mengembangkan motor listrik dibanua, pihak Distributor Motor Listrik Rakata di Kalsel yang dinahkodai Ahmad Tomi juga bekerja sama dengan Politala.

“Kita akan terus kembangkan soal motor listrik, salah satunya hari ini dengan menjalin kerjasama dengan Politekhnik Tanah Laut, karena di Kalsel khususnya Mahasiswa dibidang otomotif bisa lebih segar dalam pemikiran, ini juga kesempatan Politala untuk menunjukan kualitas mereka dalam pengembangan motor listrik di Kalsel, anggap lah ini sebagai langkah awal menunju pengembangan motor listrik dimasa yang akan dating,”papar main dealer Rakata Kalsel Ahmad Tomi.

Direktur Politala Dr. Hj Mufrida Zein mengaku sangat senang dengan komitmen pihak Rancangan Kendaraan Tanah Air (Rakata) Motorcycle dari Jakarta tersebut. Kampusnya pun juga akan lebih fokus dalam mengembangkan motor listrik.

Dikatakannya, pada era mendatang kendaraan bermotor di dunia akan beralih ke motor listrik. Hal ini dikarenakan ketersediaan bahan bakar minyak dunia juga makin menipis.
Selain itu kendaraan bermotor berbahan bakar minyak juga memunculkan polusi udara dari asap hasil pembakaran BBM.

“Kalau di Tala mungkin polusi udara akibat asap kendaraan belum terasa karena masih banyak pepohonan. Tapi di kota-kota besar yang minim penghijauan, polusi asap itu terasa,” sebut Mufrida dikutip dari salah satu media di Banjarmasin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *