Bupati Lakukan Monitoring Pilkades Pastikan Keadaan Aman dan Kondusif

Bupati Tanah Laut, H Sukamta saat meninjau langsung gelaran pesta demokrasi pemilihan kepala desa, Rabu (1/12).
Bupati Tanah Laut, H Sukamta saat meninjau langsung gelaran pesta demokrasi pemilihan kepala desa, Rabu (1/12).

lenterakalimantan.com, PELAIHARI – Gelaran pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Tanah Laut, berlangsung serentak di 26 Desa, Rabu (1/12/2021).

Ajang pemilihan kepala desa 4 tahunan tersebut dipantau langsung Bupati Tanah Laut HM Sukamta. Orang nomor satu di Bumi Tuntung Pandang Tala itu melakukan monitoring ke tiap Desa di Kecamatan Tambang Ulang dan Kecamatan Bati-Bati.

Bacaan Lainnya

Tak hanya Bupati, Monitoring juga dilakukan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tala.

Beberapa titik dipantau Bupati, yaitu Sukamta mendatangi tempat TPS di Desa Pulausari, Desa Tambang Ulang, Desa Kait-Kait, Desa Bentok Darat, Desa Sambangan, Desa Pandahan, Desa Ujung Baru dan Desa Ujung.

Sukamta menyampaikan, bahwa monitoring ini memang sengaja dilakukan untuk memastikan kondisi Pilkades berjalan aman dan terkendali. Pihaknya meminta kepada masyarakat agar tidak terpecah belah akibat perbedaan pilihan pada Pilkades.

“Siapa pun kepala desa yang terpilih, itulah pemimpin masyarakat di desa dan harus didukung secara bersama-sama,” pintanya.

Ia tambahkan, Perbedaan dukungan selama ini hanyalah proses dari demokrasi, sebab siapapun yang terpilih itulah pemimpin yang diridhoi oleh Allah SWT.

Sebelum melaksanakan monitoring Pilkades Gelombang Kedua Tala tahun 2021, Bupati bersama Forkopimda Tala mengikuti Rapat Pemantauan Pilkades Serentak Secara Virtual dengan Dirjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri secara virtual video zoom meeting.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 42.941 orang. Terbagi dalam sembilan kecamatan, 26 desa, 100 Tempat Pemungutan Suara serta diikuti oleh 96 orang calon kepala desa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.