HAFECS Berkerjasama dengan Disdikbud HSU Gelar Bimtek, Ketua Komisi II HSU: Peningkatan Kualitas Pendidikan

Foto bersama peserta Bimtek yang dilaksanakan oleh HAFECS yang berkerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU, Rabu (31/1/2024)
Foto bersama peserta Bimtek yang dilaksanakan oleh HAFECS yang berkerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU, Rabu (31/1/2024)

lenterakalimantan.com, BANJARBARU – Sebanyak 120 guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terpukau saat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar oleh Highly Functioning Education Consultan Services (HAFECS).

Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Lembaga HAFECS yang berlangsung di Asrama Haji embarkasi Banjarbaru dari 29 – 31 Januari 2024. yang berkerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini digagas oleh Ketua Komisi II DPRD HSU, H. Fadillah, SM untuk meningkatkan kompetensi guru yang menjadi pemicu pada kegiatan tersebut.

Ketua Komisi II DPRD HSU, H. Fadillah saat membawakan sambutan sekaligus membuka acara Bimtek yang digelar di Asrama emberkasi Haji Banjarbaru, Rabu (31/1/2024)
Ketua Komisi II DPRD HSU, H. Fadillah, SM saat membawakan sambutan sekaligus menutup acara Bimtek yang digelar di Asrama embarkasi Haji Banjarbaru, Rabu (31/1/2024)

“Pendidikan adalah fondasi utama bagi kemajuan daerah dan peningkatan kualitas pendidik harus dimulai dari peningkatan kompetensi para tenaga pendidik,” beber Ketua Komisi II DPRD HSU, Kamis (1/2/2024).

Oleh karena itu, melalui kerjasama dengan HAFECS dalam penyelenggaraan Bimtek pendalaman implementasi kurikulum merdeka dengan Learning Community di tingkat sekolah dasar yang diharapkan memberikan dorongan yang signifikan.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Bapak Basuki Rahman, S.Pd.SD., M.Pd menerima hadiah usai membuka kegiatan Bimtek.
Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Bapak Basuki Rahman, S.Pd.SD., M.Pd menerima hadiah usai membuka kegiatan Bimtek.

Ia juga memaparkan tujuan kegiatan Bimtek ini sebatas memberikan pemahaman tentang kurikulum merdeka, tetapi juga mengenalkan konsep Learning Community yang di mana guru-guru dapat saling belajar dan berbagi pengalaman untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas masing-masing.

“Hal ini sejalan dengan visi misi pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan memberdayakan tenaga pengajar sebagai pilar utama dalam penyampaian matreri,” paparnya.

Materi yang disajikan dalam Bimtek tidak hanya teoritis, melainkan juga disertai dengan praktik langsung, termasuk materi tentang design thinking, mengajar efektif, membuat pertanyaan yang menantang, dan implementasi Program P5 di sekolah. Peserta merasakan manfaat langsung dari pengalaman ini.

Salah satu tenaga pengajar, Norsha Fatmawati pada saat sesi wawancara mengucapkan bahwa acara Bimtek yang berkerjasama dengan Lembaga HAFECS ini agar mengetahui bagaimana cara lebih responsif kepada murid.

“”Hal baik yang saya pelajari di acara HAFECS ini adalah bagaimana caranya kita bisa lebih responsif kepada siswa nantinya. Kita disini juga diajarkan bagaimana cara untuk mengimplementasikan P5 di sekolah, banyak sekali hal-hal yang baik yang saya dapatkan pada kegiatan ini.” jelas Fatmawati.

HAFECS menyajikan materi dengan pendekatan praktik langsung, termasuk materi dalam bimbingan teknis untuk diterapkan di sekolah.

Kerjasama antara HAFECS dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU bukan sekadar kolaborasi antar lembaga, tetapi merupakan simbol nyata semangat bersama untuk membentuk guru-guru daerah sebagai inisiator peningkatan kualitas pendidikan. Langkah ini tidak hanya menciptakan guru-guru yang berkualitas, tetapi juga mendorong HSU sebagai daerah yang progresif dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21.

Kerjasama antara HAFECS dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU diharapkan akan terus berlanjut guna mewujudkan guru-guru daerah sebagai stakeholder utama dalam peningkatan kualitas pendidikan di Hulu Sungai Utara maupun kabupaten lainnya. Hal ini juga menunjukkan keberhasilan HAFECS dalam melaksanakan sesi yang efektif dalam meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan bimbingan teknis ini.

HAFECS dengan visi memicu Transformasi Pendidikan Indonesia mempercepat langkahnya melalui program kolaborasi ini. Kolaborasi ini menjadi salah satu tonggak penting dalam upaya mewujudkan pendidikan berkualitas dan relevan di HSU, serta memberikan inspirasi bagi daerah lain untuk melakukan langkah serupa.

“Melalui kolaborasi ini, HSU membuktikan bahwa bersama-sama, kita dapat menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik dan mendorong transformasi positif dalam dunia pendidikan Indonesia,” tutup H. Fadillah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *