Pemkab Barut Gelar FGD Penguatan Satu Data Indonesia Bersama BPS

Pemkab Barito Utara Gelar FGD penguatan Satu Data Indonesia bersama BPS. Foto: Pemkab Barito Utara
Pemkab Barito Utara Gelar FGD penguatan Satu Data Indonesia bersama BPS. Foto: Pemkab Barito Utara

lenterakalimantan.com, MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara yang diwakili oleh Asisten III Sekda, Yasser Arafat bersama Asisten I Sekda Eveready Noor, Kepala Dinas Kominfosandi bersama seluruh jajaran pemerintahan setempat ikuti kegiatan Focus Group Discusion (FGD) Penguatan Satu Data Indonesia melalui pembinaan Statistik Sektoral Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan di Aula Bapeddalitbang Muara Teweh yang juga diikuti Badan Pusat Statistik (BPS) Barito Utara yang dihadiri langsung oleh Kepala BPS, Ahmad Nasrullah, S.ST beserta jajaran, Senin (12/2/2024).

Tujuan umum dari FGD Penguatan Satu Data Indonesia yaitu melalukan pembinaan Statistik Sektoral Kabupaten Barito Utara dalam menyatukan persepsi mengenai pengelolaan Portal Satu Data Indonesia dengan stakeholder terkait dengan harapan dapat mencapai kesepakatan dan pemahaman bersama.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Pj Bupati Barito Utara yang disampaikan oleh Asisten III Sekda, Yasser Arafat menyampaikan bahwa penyelenggaraan satu data sangat diharapkan dan akan mejadi prioritas.

“Sebagai bagian dari pelayanan umum, penyelenggaraan Satu Data Indonesia dalam pemanfaatan Data Statistik Sektoral Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu aktifitas yang sangat diharapkan dan akan menjadi prioritas dalam pelaksanaan pembangunan daerah,” ucapnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kebutuhan akan adanya data yang akurat dalam perencanaan pembangunan baik tingkat pusat maupaun daerah sangatlah diperlukan dengan tujuan agar perencanaan pembangunan dapat lebih terukur.

“Saya berharap pemanfaatan data Statistik Sektoral dalam mensukseskan perencanaan pembangunan menjadi suatu keharusan semenjak disahkannya Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, maka pemanfaatan data Statistik Sektoral dalam perencanaan pembangunan khususnya di Kabupaten Barito Utara akan berdampak terhadap penyelenggaraan pembangunan yang lebih maju sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutup Yasser Arafat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *