Aksi Cepat Satgas PP Kalsel, Ribuan Bantuan untuk Korban Banjir Satui

Satgas Pramuka Peduli Cabang Tanah Bumbu dan Daerah Kalsel menyerahkan bantuan logistik di lokasi bencana. Sumber foto: Humas Abdimas
Satgas Pramuka Peduli Cabang Tanah Bumbu dan Daerah Kalsel menyerahkan bantuan logistik di lokasi bencana. Sumber foto: Humas Abdimas

lenterakalimantan.com, TANAH BUMBU – Banjir yang merendam ribuan rumah di Kecamatan Satui menarik perhatian publik. Data dari posko induk mencatat sekitar 2.861 Kepala Keluarga (KK) dengan total 8.543 jiwa terdampak di sembilan desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, pada Minggu 9 Juni 2024.

Banjir yang melanda wilayah ini sejak 6 hingga 9 Juni 2024 disebabkan oleh curah hujan tinggi dan meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS). Kenaikan debit air sangat cepat, mencapai ketinggian sekitar dua meter atau setinggi dada orang dewasa.

Bacaan Lainnya

Viralnya bencana banjir di media sosial mengundang perhatian Satuan Tugas Pramuka Peduli Cabang Tanah Bumbu dan Satgas Pramuka Peduli Daerah Kalimantan Selatan. Mereka bergerak cepat menyalurkan bantuan kemanusiaan ke posko induk bencana banjir.

Achmadi, Wakil Ketua Kwartir Daerah Kalimantan Selatan Bidang Pengabdian Masyarakat sekaligus Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinas Sosial Kalsel, menjelaskan bahwa pihaknya mendapat instruksi langsung dari Ketua Kwartir Daerah, Hj Raudatul Jannah, untuk segera menyalurkan bantuan ke Dapur Umum milik Dinas Sosial Tanah Bumbu.

“Bantuan yang kami salurkan berupa bahan pokok seperti 600 bungkus mie instan, 20 dus air mineral, 360 kaleng sarden ABC Ekstra Hot, dan 240 kaleng ABC Chili. Selain itu, terdapat juga obat-obatan seperti salep anti jamur, obat tetes mata, balsem, betadine, serta kebutuhan lainnya seperti pampers dan pembalut,” jelas Achmadi.

“Bencana alam tentu tidak kita inginkan, namun kondisi alam yang berubah-ubah dan curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir di Kecamatan Satui. Berdasarkan pantauan tim di lapangan, debit air mulai menurun. Kami berharap banjir ini tidak berlangsung lama dan cepat surut,” tambahnya.

Arif Maulana, Wakil Ketua Pengabdian Masyarakat dan Satgas Pramuka Peduli, mewakili Ketua Kwarcab Tanah Bumbu H. Eka Saprudin, juga menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir. “Bentuk kepedulian ini adalah implementasi Dasa Dharma Pramuka ke-5 yaitu ‘Rela Menolong dan Tabah,’” tegas Arif.

Satgas Pramuka Peduli menyalurkan bantuan berupa bahan pokok untuk kebutuhan di Posko Dapur Umum Dinas Sosial Tanah Bumbu, yang kemudian dimasak dan disajikan kepada warga terdampak banjir. Bantuan dari Satgas PP Cabang yang disalurkan antara lain 30 dus air mineral, 15 dus mie instan, 150 butir telur ayam, 20 karung beras kemasan 5 kilogram, dan 45 pcs sabun cuci merk Sunlight.

“Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan banjir cepat berlalu sehingga warga dapat kembali beraktivitas dengan normal,”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *