Bupati Abdul Hadi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Tahfiz di Halong Balangan

Bupati Balangan Abdul Hadi saat memulai peletakkan batu pertama Pembangunan Rumah Tahfidz Istiqomah di Desa Baruh Panyambaran Kecamatan Halong. Foto: Windi/lenterakalimantan.com
Bupati Balangan Abdul Hadi saat memulai peletakkan batu pertama Pembangunan Rumah Tahfidz Istiqomah di Desa Baruh Panyambaran Kecamatan Halong. Foto: Windi/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Bupati Balangan Abdul Hadi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Tahfiz Istiqomah Desa Baruh Panyambaran, Kecamatan Halong, Minggu (2/6/2024).

Bupati Abdul Hadi mengatakan, pembangunan rumah tahfiz yang ada di Halong, merupakan pembangunan yang ketiga kalinya. Sebelumnya rumah tahfiz yang sudah dibangun berada di Kecamatan Awayan dan Lampihong.

Bacaan Lainnya

“Berarti Kabupaten Balangan sudah memiliki tiga buah rumah tahfiz, termasuk yang mau kita bangun pada hari ini di Desa Baruh Panyambaran, Kecamatan Halong,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, setelah melihat dan meniliti usulan dari panitia pembangunan Rumah Tahfiz Istiqomah, tentunya proses pembangunannya membutuhkan dana yang lebih besar untuk merampungkan semuanya.

“Setelah dilihat dan meneliti usulan yang dianggarkan oleh panitia, kurang lebih Rp 250 juta, maka saya berinisiatif untuk memberikan dana hibah melebihi usulan dari panitia, mengingat melihat gambar konstruksi bahwa dana yang dianggarkan panitia tidak mencukupi, melalui dana hibah pemerintah daerah sebesar Rp 800 juta akan kita kucurkan,” kata Bupati Abdul Hadi.

Bupati Abdul Hadi juga menambahkan, secara pribadi dirinya akan memberikan bantuan berupa 400 sak semen, guna memperlancar proses pembangunan Rumah Tahfiz Istiqomah di Kecamatan Awayan.

“Secara pribadi, bupati menyumbang sebanyak 400 sak semen guna memperlancar tahapan proses pembangunan rumah tahfiz, kepada panitia juga diharapkan untuk segera mengurus proses dana hibah yang akan diberikan oleh pemerintah daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Panitia Rumah Tahfiz Istiqomah Sahruji menyampaikan, adapun pengerjaan pembangunan rumah tahfidz ini diperkirakan memakan waktu tiga bulan, dengan kapasitas jumlah santri sebanyak 150 santri dan guru rumah tahfidz yang dimiliki berjumlah 13 orang.

“Dana dari swadaya berjumlah Rp 190 juta, bantuan dari dana hibah Pemkab Balangan sebesar Rp 800 juta, jadi total anggaran mencapai Rp 990 juta, ditambah bantuan dari Kepala Desa setempat Rp 5 juta dan bantuan barang berupa 400 sak semen dari Pak Bupati Abdul Hadi, sebagai panitia kami mengucapkan terima kasih,” jelasnya kepada lenterakalimantan.com.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *