Deteksi Banjir, BPBD Balangan Pasang Alat Peringatan

BPBD Balangan saat melakukan koordinasi dan survei lapangan terkait rencana pemasangan alat EWS pendeteksi banjir. Foto: BPBD Balangan
BPBD Balangan saat melakukan koordinasi dan survei lapangan terkait rencana pemasangan alat EWS pendeteksi banjir. Foto: BPBD Balangan

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan kembali menaruh alat Erly Warning System (EWS) untuk mendeteksi bencana banjir sebagai antisipasi atau peringatan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Balangan, Rahmi, mengatakan pihaknya akan menaruh alat di lokasi yang strategis menggunakan EWS untuk memaksimalkan penanganan dan antisipasi terhadap bencana banjir.

Bacaan Lainnya

“Alat akan ditempatkan pada dua titik lokasi strategis, yakni di Desa Mayanau, Kecamatan Tebing Tinggi dan Desa Bata Kecamatan Juai, karena lokasi tersebut merupakan pertemuan dari dua arus sungai, yaitu Sungai Pitap dan Sungai Balangan, yang mampu memberikan indikator terhadap potensi banjir,” jelasnya, Selasa (11/6/2024).

Sebelumnya, BPBD Balangan juga telah melakukan koordinasi dan survei lapangan terkait rencana pemasangan EWS, dan sudah mendapatkan kesepakatan antara pihak pemerintah desa, masyarakat serta BPBD Balangan.

“BPBD Balangan, sebelumnya juga telah menaruh dua alat EWS yang bersumber dari bantuan BPBD Provinsi Kalsel, melalui alat ini semoga berfungsi secara maksimal melalui dukungan dari pihak kecamatan dan juga desa,” kata Rahmi.

Kalak BPBD Balangan, Rahmi menambahkan, dari survei pemerintah desa bersama warga, pihaknya mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat sekitar, terkait perangkat EWS yang akan dipasang.

“Ke depan akan kita kembangkan lagi ketitik-titik lainnya, dengan menambah sarana pendukung, seperti alat pendeteksi longsor dan gempa, sebagai antisipasi kesiapan penanganan bencana di Kabupaten Balangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *