DKPPTPH Tabalong Kembangkan Budidaya Ikan Gabus di Pugaan

Penebaran benih ikan gabus di kolam pembeseran. Foto: JM/lenterakalimantan.com
Penebaran benih ikan gabus di kolam pembeseran. Foto: JM/lenterakalimantan.com

lenterakimantan.com, TANJUNG – Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong melakukan pengembangan budidaya ikan gabus di Kecamatan Pugaan.

Pengembangan ini menggandeng kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Pugaan yang tergabung dalam kelompok tani Bangun Tower Mandiri Desa Pugaan.

Bacaan Lainnya

Budidaya ikan lokal ini ditandai dengan penebaran benih ikan gabus secara simbolis oleh Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah, Ketua DPRD Tabalong, H Mustafa, bersama Kepala Dinas DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji, di Desa Pugaan, RT 4, Kecamatan Pugaan, Tabalong. Selasa (4/6) sore.

“Ini upaya kita meningkatkan pengembangan ikan lokal,” ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPPTPH) Tabalong, Fahrul Raji.

Pasalnya kebutuhan masyarakat terhadap ikan gabus atau sering dikenal di daerah dengan nama ikan haruan ini meningkat beberapa bulan belakangan, lanjut Fahrul, terlebih pada saat momentum hari raya idul fitri, kebutuhan masyarakat meningkat untuk diolah berbagai masakan.

“Dari sana kami langsung terpikir untuk belajar, akhirnya kami tunjuk balai benih untuk mengikuti pelatihan di Trenggalek untuk belajar cara budidaya ikan,” ungkapnya.

Menurut Fahrul, berkat pelatihan tersebut para kelompok tani ini berhasil membudidayakan ikan yang menjadi salah satu konsumsi warga sehari-hari.

“Ini kita lihat hasilnya yang kita bantu, juga dari hasil pelatihan itu mereka bisa berhasil. Yang menggembirakan orang sudah banya tahu, jadi intinya hasil pembesaran ini bisa dibeli oleh pembeli,” ujarnya.

Sementara, Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah mengharapkan pengembangan budidaya ikan haruan setiap tahunnya produksinya berlimpah bahkan bisa meningkatkan perekonomian warga.

Hal itu mengingat semakin banyak keperluan masyarakat Tabalong yang harganya masih cukup mahal dijual dipasaran.

“Kami berharap benih ikan tadi bisa terus ditingkatkan, produksi haruan setiap tahun berlimpah,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *