Ribuan Warga Mengungsi Akibat Banjir di Satui

foto net

lenterakalimantan.com, BATULICIN – Sedikitnya enam desa di Kecamatan Satui, Sungai Danau, Tanah Bumbu, terendam akibat meluapnya anak sungai di daerah tersebut setelah diguyur hujan sejak Rabu (13/5) dini hari. Orang Nomor satu di Bumi Bersujud HM Zaerullah Azhar langsung terjun langsung memantau dan membagikan bahan pokok pada warga terdampak.

Penyerahan bantuan sembako tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dan Ketua TP PKK Hj Wahyu Windarti kepada warga di lokasi pengungsian yaitu SMP 4 Desa Sinar Bulan.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan catatan BPBD setempat, Akibat genangan air, sebagaimana data dari Posko Induk Kecamatan Satui, Jumat (14/5), menyebutkan sebanyak 2.126 KK dari 5.308 jiwa terdampak terdiri dari 6 Desa.

Enam desa yang terendam diantaranya, Desa Sungai Danau, terutama Gg Karya Bersama, Pasar Bawah, jalan Biduri, Jalan Mahligai, Jalan Angkasa, Desa Sinar Bulan, – Desa Satui Timur, Desa Satui Barat, Desa Jombang dan Desa Sejahtera Mulia.

Sementara data korban, Desa Sinar Bulan meliputi RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 07, 08 dan 09, tercatat 1.104 KK  dengan 4413 jiwa. Kemudan data di pengungsian SMP 4 Satui, 56 KK dari 186 jiwa.

Disusul Desa Jombang meliputi RT 01, 02, 05, 07, 10, 11 dan 13, data terdampak 162 KK dengan 515 jiwa. Desa Sungai Danau (RT 01, 02, 03, 04, 22, dan 23), 450 KK dengan 1.800 jiwa.

Sedang pengungsian di Gedung Majelis Ta’lim, 6 KK 21 jiwa, Desa Sejahtera Mulia 290 KK 1.160 jiwa. Desa Satui Barat (RT 01 dan 02), 120 KK dengan 380 jiwa.

Untuk tempat pengungsian disediakan di dua tempat yakni SMP 4 Desa Sinar Bulan dan Gedung Majelis Taklim Desa Sungai Danau. Sedangkan untuk posko induk ada di Koramil Satui serta dapur umum yang berada di Kantor Desa Sinar Bulan.

Bupati Tanah Bumbu H Zairullah Azhar saat mengunjungi warga yang terdampak banjir diposko pengungsian SMP4 mengatakan, pemerintah daerah wacanakan untuk merelokasi seluruh warga yang selalu terdampak banjir di wilayah Kecamatan Satui.

“Sabar pak ya, Insya Allah nanti semua warga akan kita relokasi ketempat yang lebih aman dan terhindar dari bencana banjir lagi,” kata Zairullah.

Kemudian Camat Satui Abdul Rahim mengatakan, warga terdampak banjir sejak hari kamis lalu di lima desa diwilayah Kecamatan Satui, sudah dievakuasi bekerja sama dengan BPBD Tanah Bumbu, aparat TNI, Polri dan relawan ke lokasi pengungsian.

“Kami saat ini terus melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk bersama sama melakukan penanganan banjir diwilayah kecamatan Satui. Yang paling utama adalah evakuasi warga”, kata Abdul Rahim.

Untuk jumlah warga yang terdampak banjir kelima desa yang berada di wilayah kecamatan Satui Sebanyak 3.860 KK dan 13.205 jiwa.

Adapun Dinas Sosial Tanbu sudah menurunkan Tim Tagana sejak Kamis untuk membuat dapur umum serta menyalurkan logistik untuk warga yang terdampak banjir.

Selain itu Dinas Sosial juga menyalurkan bantuan pakaian dan selimut, sedangkan BPBD Tanbu juga menyalurkan bantuan logistik berupa air mineral, popok dan mie instan.

Dalam kunjungannya ke Satui tersebut, Bupati Tanah Bumbu didampingi oleh Pj Sekretaris Daerah, Kalak BPBD, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kominfo dan Plt Kepala BPKAD Tanah Bumbu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.