Tidak Akan Lama Lagi Normalisasi Sungai Akan Dikerjakan

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.
Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

lenterakalimantan.com,BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menegaskan pelaksanaan program normalisasi sungai di Kota Banjarmasin akan dilaksanakan sesuai rencana.

Selain dilaksanakan SKPD terkait, jelasnya, program tersebut ke depannya juga akan melibatkan masyarakat dan komunitas.

Bacaan Lainnya

“Kita akan mulai lagi untuk membenahi sungai ini pada tanggal 25 September yaitu programnya adalah Balingai atau Balalingai yaitu Banjarmasin Peduli Sungai, ini kita akan mulai di kanal veteran dengan melibatkan masyarakat dan komunitas,” jelasnya, kepada media saat jumpa pers dirumah alam, Sungai Andai, Selasa (21/9).

Ibnu mengungkapkan, di bulan oktober nanti Dinas PUPR Kota Banjarmasin akan melaksanakan pengerukan dibeberapa sungai antara lain, sungai veteran dan sungai di sepanjang Ahmad Yani Banjarmasin.

Dalam kegiatan menjelang akhir tahun itu, selain sungai yang menjadi sasaran untuk dilaksanakan pengerjaannya ada juga perbaikan Jembatan Penghubung atau Jembatan Bangunan Gedung.

“InsyaAllah akan ada lima paket pekerjaan, kalau tidak salah di sepanjang A Yani dan juga di Jalan Veteran terkait dengan pembangunan jembatan gedungnya” ungkapnya.

Ibnu menambahkan, pengerjaan kegiatan normalisasi sungai atau pengerukan aliran sungai bukan dikarenakan faktor kesengajaan, melainkan akibat terkendala proses lelang dan alokasi anggaran APBDP yang baru saja disahkan beberapa waktu lalu.

Ia berharap, dalam waktu beberapa hari ke depan, pengerjaan program normalisasi sungai tersebut sudah bisa dilaksanakan.

“Mudah-mudahan sesegeranya bisa diputuskan pemenang lelang dan kegiatan bisa dilaksanakan lagi untuk normalisasi sungai baik yang sifatnya lelang proyek ataupun yang sifatnya penunjukkan langsung. Mudah-mudahan nanti untuk sungai-sungai kecil itu juga akan dilaksanakan normalisasi,” harapnya.

Kegiatan jumpa pers yang dilaksanakan di Rumah Alam, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara itu, juga dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Sekda Kota Banjarmasin, Sugito Said, serta para pejabat lingkup Pemko Banjarmasin.

Dalam kesempatan tersebut, H Ibnu Sina juga menjelaskan tentang rencana Pemko Banjarmasin untuk membuka lokasi wisata.

Dikatakannya, ada dua lokasi wisata yang akan dibuka setelah peringatan Hari jadi Kota Banjarmasin yang jatuh pada tanggal 24 September nanti, yakni lokasi wisata di kawasan Kuin Kacil dan lokasi wisata di Siring Menara Pandang.

Mengingat saat ini Kota Banjarmasin masih dalam status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV, maka saat operasional nanti, kedua lokasi wisata tersebut akan memberlakukan aturan protokol kesehatan yang ketat.

“Mungkin setelah hari jadi kita akan membukanya, tapi tetap dengan Prokes dan juga hanya 25 persen pengunjung dari kapasitas jadi akan diatur nanti jangan sampai nanti terjadi kerumunan yang luar biasa diatur untuk teknisnya supaya tidak terjadi kerumunan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan jumpa pers tersebut dilaksanakan Pemko Banjarmasin dengan mengundang para wartawan, dengan tujuan agar seluruh program kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan diketahui seluruh lapisan masyarakat kota ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.