Walikota Banjarmasin: Banjarmasin Harus Dijaga Bersama

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.
Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

lenterakalimantan.com, BANJARMASIN – Saat bicara dalam kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2021 dan Proyeksi Tahun 2022 Pemko Banjarmasin di Rumah Anno Banjarmasin, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, menyatakan, saat ini yang harus disadari secara bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat adalah, bagaimana menjaga agar kota berjuluk seribu sungai ini tetap bersih.

Menurutnya, kebersihan lingkungan itu tidak bisa dibebankan pada satu pihak saja, tetapi harus menjadi tanggungjawab bersama.

Bacaan Lainnya

“Banyaknya petugas kebersihan yang dikerahkan untuk membersihkan Kota Banjarmasin, tidak akan bisa bersih, jika perilaku membuang sampah sembarangan masih dilakukan masyarakat, karena setelah dibersihkan akan kotor lagi,” katanya.

Menurutnya diperlukan sebuah kesadaran bersama, sehingga semua pihak terlibat dan sama-sama merasa memiliki andil dalam menjaga kebersihan lingkungan, sehingga visi menjadi Banjarmasin Baiman dan Lebih Bermartabat dapat tercapai.

“Diperlukan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan memperhatikan kebersihan aliran sungai, terutama dari sampah plastik dan sampah rumah tangga, hal ini dilakukan demi mewujudkan Kota Banjarmasin Baiman Barasih wan Nyaman,” ucapnya.

Terkait tentang sungai, dihadapan berbagai komunitas pencinta lingkungan yang ada di kota ini, H Ibnu Sina kembali menjelaskan, kota ini bisa memiliki sungai, jalan, infrastruktur yang bersih, asalkan masyarakatnya ikut menjaga kebersihan secara menyeluruh, artinya kebersihannya harus sampai ke hati.

Terkait misi “Nyaman”, bebernya lagi, ada empat point, pertama adalah Nyaman Berurusan, dengan mempermudah segala urusan terutama di bidang birokrasi pelayanan publik, pelayanan harus cepat dan mudah. Kedua dibidang pendidikan yakni Nyaman Bersekolah. Ketiga Nyaman Berobat.

“Salah satu yang sudah terwujud saat ini adalah beroperasionalnya rumah sakit kota RS Sultan Suriansyah dan ambulan sungainya, untuk melayani warga yang ada di sepanjang sungai,” terangnya.

Sedangkan misi yang keempat, lanjutnya lagi, adalah Nyaman Berusaha program wirausaha baru kota Banjarmasin. Dari visi dan misi tersebut, terangnya, terdapat tiga fokus utama pembangunan yang saat ini dilakukan Pemko Banjarmasin, yakni revitalisasi sungai untuk menunjang pariwisata berbasis sungai dan transportasi sungai, kemudian melahirkan wirausaha baru berbasis UMKM, untuk mengembalikan kejayaan Kota Banjarmasin sebagai kota perdagangan dan jasa, dan ketiga pelayanan publik yang cepat, tepat dan mudah dengan penggunakan program Smart city Banjarmasin.

Untuk diketahui, Refleksi Akhir Tahun 2021 dan Proyeksi Tahun 2022 Pemko Banjarmasin merupakan program Badapatan Manyambung Silaturahmi (Bamara) dari Dinas Kominfotik Kota Banjarmasin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.