Apresiasi Kontes Nanang Galuh HST, Ketua INAGA Kalsel Harapkan Pemenang Terpilih Berkontribusi untuk Daerah

Ketua INAGA Kalsel, Dayat.el saat memberikan apresiasi kepada Nanang dan Galuh HST.
Ketua INAGA Kalsel, Dayat.el saat memberikan apresiasi kepada Nanang dan Galuh HST.

lenterakalimantan.com, BARABAI – Ajang pemilihan Nanang Galuh yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Diskdik) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) tahun 2022 telah selesai. Sebanyak 8 finalis telah ditetapkan sebagai pemenang sesuai kategorinya masing-masing.

Ketua Ikatan Nanang Galuh (INAGA) Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Hidayatollah atau kerap disapa Dayat.el yang turut hadir dalam malam grand final itu turut mengapresiasi para pemenang yang telah dinobatkan.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, pihaknya selaku pewadahan Nanang Galuh di provinsi mengharapkan kepada para pemenang terpilih untuk berkontribusi ke daerahnya masing-masing guna mengangkat kearifan lokal, seni dan budaya daerah.

“Acaranya sangat luar biasa, semoga para Nanang Galuh terpilih dapat mengangkat segala potensi kearifan lokal daerah agar lebih maksimal dan memasyarakat,” terangnya, Minggu (3/7/2022) di Halaman Kantor Bupati HST.

Kemudian, pihaknya memastikan pemenang tersebut akan mengikuti kembali kompetisi di tingkat provinsi, bahkan akan menjaring hingga tingkat nasional.

“Tinggal bagaimana nantinya mereka berkompetisi dengan baik dan nanti akan menghasilkan juara-juara tingkat nasional,” tambahnya.

Selanjutnya juga, ia memastikan tidak ada lagi Nanang yang Kegaluh-galuhan, serta pihaknya mengharapkan untuk selalu Fastabiqul Khoirot berlomba-lomba dalam kebaikan dan tetap dekat dengan masyarakat.

Disamping itu, menurut Dayat.el juga, ada PR besar bagi pihaknya di provinsi untuk mengadakan peningkatan kapasitas para Nanang Galuh melalui berbagai acara-acara yang serupa.

“Semoga kedepannya, seluruh pihak yang tergabung dalam INAGA Kalsel dapat terus berkolaborasi guna memberikan kontribusi nyata gasan banua,” harapnya.

Diketahui, pada malam grand final Nanang Galuh HST tahun 2022 itu, Nanang M. Akmal Firdaus dan Resty Nurhalisa resmi dinobatkan Bupati HST H Aulia Oktafiandi bersama Ketua TP-PKK HST Cherry Bayuni Boedjang menjadi pemenang pada pemilihan tersebut.

Kemudian, pemenang lainnya Wakil I ditempati Nanang M. Rizky Rullitama dan Galuh HST Nur Milia Hasanah, lalu Wakil II Nanang Bagus Ismail dan Galuh Eka Fitriani, disusul Wakil III Nanang M. Azhari dan Galuh Noor Annisa.

Selanjutnya, Wakil IV kontes itu dimenangkan Nanang M. Ridandi dan Galuh Tiara Dwi Anya, serta Wakil V Nanang M. Eldianor dan Galuh Hayatunnisa.

Adapula nominasi lainnya, yakni Nanang dan Galuh Berbakat yang ditempati M. Syarifuddin dan Galuh Siti N. Najwa. Berikutnya, Nanang Galuh Persabatan diduduki Haris Fadhillah dan Nurul Hidayah.

Lebih dari itu, berdasarkan penilaian publik melalui akumulasi like instagram turut terpilih juara Nanang Favorit M. Azhari dengan total 1.023 like dan Galuh Favorit Resty Nurhaliza 1.531 like.

Pada acara itu, Bupati HST H Aulia Oktafiandi mengharapkan Nanang dan Galuh yang terpilih dapat diandalkan dan dapat mempromosikan tidak hanya budaya Kabupaten HST, namun juga mempromosikan visi misi Pemerintah yang ingin mengangkat harkat dan martabat warga HST agar lebih menjadi Makmur Unggul dan Dinamis.

“Terimakasih dan penghargaan kami berikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten HST, Unsur Dewan Juri, Narasumber, dan Panitia yang telah sukses menyelenggarakan Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten HST,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.