Jelang Idul Adha, Kesehatan Sapi Kurban di Balangan Diperiksa, Ini Hasilnya

Jelang Idul Adha, Kesehatan Sapi Kurban di Balangan Diperiksa.
Jelang Idul Adha, Kesehatan Sapi Kurban di Balangan Diperiksa.

lenteraKalimantan.com PARINGIN – Petugas gabungan yang terdiri dari Kodim 1001/HSU-Balangan, Polres Balangan dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Balangan melaksanakan monitoring Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ke Pengepul Ternak Qurban di wilayah Kecamatan Paringin, Kecamatan Lampihong dan Kecamatan Juai, Selasa (5/7).

Munculnya wabah PMK yang menyerang hewan ternak sapi dibeberapa daerah, mengundang kewaspadaan semua pihak dalam meyelamatkan ternak, seperti yang dilakukan Aparat gabungan yang melakukan pendampingan pemeriksaan hewan ternak.

Bacaan Lainnya

Fungsional Medik Veteriner Madya drh. Dewa Ayu Putu Asrinadi mengatakan, Vaksinasi PMK ini bertujuan untuk pencegahan penyakit PMK pada ternak.

“Untuk hewan Qurban Kami tidak menyarankan untuk divaksin, akan tetapi untuk pengobatan masih disarankan, itu kira-kira satu Minggu sebelum hari raya Idhul adha,” katanya.

Lanjut dia, target vaksinasi PMK di Kabupaten Balangan sebanyak 100 ekor akan langsung direalisasikan dan dilaksanakan dalam satu hari saja karena vaksin tidak bisa disimpan kembali.

“Semoga dengan adanya vaksinasi ini penyebaran PMK dapat dikendalikan, Muncul antibody PMK dan besar harapan ke depannya di Kabupaten Balangan bebas PMK,” harapnya.

Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Aldin Hadi melalui Pjs Danramil Paringin Pelda Darma Kusuma menjelaskan, kegiatan itu merupakan upaya dalam mencegah wabah ternak PMK.

“Kami sangat mengapresiasi upaya jajaran bersama pihak terkait dalam melindungi ternak warga, khususnya di Kabupaten Balangan dari bahaya penyebaran PMK,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.