Integrasi Jaringan di Kabupaten Barut, Mochamad Ikhsan: Masih Tersisa 20 OPD Belum Tersambung

lenterakalimantan.com, MUARA TEWEH – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara, Mochamad Ikhsan belum lama ini mengakui pada tahun 2023 ini pelaksanaan integrasi jaringan intra fiber optic pemerintah, bekerjasama dengan salah satu provider telekomunikasi dengan penyediaan bandwith internet, CCTV dan CCTV Streaming.

Menurut pihaknya, Pelaksanaan kegiatan tersebut adalah bagian dari program sistem administrasi, pelayanan dan pelaporan berbasis elektronik yang memang sudah menjadi kewajiban dalam struktur organisasi pemerintahan. Ketika dunia telah mengalami revolusi teknologi informasi segenggaman jari, maka penggunaan sistem digitalisasi tak bisa dihindarkan.

Bacaan Lainnya

“Pada tahun 2018-2019, sebenarnya telah dilaksanakan integrasi jaringan, namun hanya sampai sekitar 10 titik OPD, itupun jaringan internetnya belum tersambung . Mungkin karena terkendala anggaran akibat Covid-19 kemaren, pekerjaan ini tidak lanjut dan masih tersisa sekitar 20 an OPD yang belum tersambung, baik itu tiang kabel fo, apalagi internet-nya,” kata Mochamad Ikhsan di ruang kerjanya, Jumat (13/1/2023).

Integrasi jaringan intra antar pemerintah dalam sistem pemerintahan berbasis elekronik ini sesuai amanah Perpres No. 95 tahun 2018 dan Perbup Barito Utara No. 33 tahun 2019 dikoordinatori oleh Dinas Kominfosandi Barito Utara sebagai command center yang mengatur traffic jaringan, termasuk pembagian internet. Sehingga aplikasi maupun website dalam penggunaannya termasuk sistem keamanan menjadi tanggung jawab Diskominfosandi.

H. Mochamad Ikhsan menambahkan, bahwa pada anggaran perubahan 2022 tadi Diskominfosandi Barito Utara telah mengadakan tambahan 2 unit server pendukung beserta kelengkapannya sebagai persiapan ketika seluruh jaringan antar OPD sudah terintegrasi.

“Kebetulan kita tahun 2023 juga ada kegiatan rehab kantor terutama menambah ruang server khusus yang referesentatif sesuai standar spesifikasi ruang server, jadi jika ada penambahan server lagi tempatnya sudah tersedia,” ungkap Mochamad Ikhsan.

Seperti diketahui, Dinas Kominfosandi di Barito Utara pada tahun anggaran 2023 juga ikut ambil bagian sebagai peserta kick off pengadaan barang dan jasa yang dilaksanakan oleh pemerintah Barito Utara dan pemerintah provinsi Kalimantan Tengah, baru-baru tadi. Sehingga Diskominfosandi Barito Utara sebagai salah satu Dinas pembangunan infrastruktur akan selalu mengambil bagian dalam paket-paket pengadaan barang dan jasa di Barito Utara.

“Paket kegiatan infrastruktur yang selama ini selalu ter-mind set sebagai paket fisik berupa bangunan, jalan, dan jembatan, sebenarnya telah bertransformasi ke kegiatan infrastruktur tak kasat mata, yaitu sistem digital dan internet yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam interaksi umat manusia,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, sistem pemerintahan berbasis elektronik masa depan akan menjadi platform utama pergerakan urusan pemerintahan, namun disamping infrastruktur yang baik, tentunya adalah kesiapan sumber daya manusia berperan sangat penting dalam mensuskseskan program ini dan Dinas Kominfosandi Barito Utara akan terus mempersiapkan diri mengawal transformasi digital untuk tahun 2023 dan akan datang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *