Guru dan Murid Mengenakan Baju Adat Nusantara, Rindu: Kenang Filosofi Perjuangan Ki Hadjar Dewantara

Upacara Hardiknas 2023 di halaman SDN 4 Kampung Baru diikuti seluruh Siswa/i. (Sumber Foto : Arif LK)
Upacara Hardiknas 2023 di halaman SDN 4 Kampung Baru diikuti seluruh Siswa/i. (Sumber Foto : Arif LK)

Lenterakalimantan.com. TANAH BUMBU – Dalam meriahkan gelaran Upacara Hari Pendidikan Nasional 2023, Dewan Guru bersama Siswa/i Sekolah Dasar Negeri 4 Kampung Baru di Simpang Empat, terlihat mengenakan baju adat Nusantara, Rabu (2/5/2023).

Melalui Keppres RI Nomor 315 Tahun 1959 tertanggal 2 Mei ditetapkannya sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia, hal ini sebagai wujud nyata atas kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini.

Bacaan Lainnya

Penetapan Hari Pendidikan Nasional ini dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan, yaitu Ki Hadjar Dewantara yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Kepala Sekolah SDN 4 Kampung Baru selaku Pembina Upacara, Rindu Suksmawati kepada awak media lenterakalimantan.com menyampaikan bahwa upacara Hardiknas bertujuan memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan, kemudian pentingnya trategis pendidikan bagi arah peradaban dan daya saing bangsa.

“Agar mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa dan juga dapat meningkatkan rasa Nasionalisme di kalangan insan pendidikan,” ucapnya.

Terkait keunikan dalam mengenakan baju adat Nusantara, Rindu Suksmawati mengaku hal tersebut sebagai wujud kecintaan akan keanekaraganaan Budaya Nusantara sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dirinya juga berharap, Dewan Guru menjadi lebih profesional dan selalu menjadi tauladan yang baik bagi peserta didiknya dalam mencetak anak bangsa yang cerdas, berkarakter dan bermartabat.

“Dengan semarak, kita semangatkan untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar pancasila. Kemudian kegiatan dirangkai Halal Bihalal dan bersih-bersih lingkungan sekolah, kebetulan hari ini turun perdana setelah libur panjang dari awal Ramadhan 1444 H,” pungkas Rindu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *