Momen Haul Ke-218 Datu Kelampayan, Paman Birin Bangun Masjid Raya Muhammad Arsyad Al Banjari

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor saat menyampaikan sambutan pada acara haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang bertempat di Masjid Tuhfaturragibin, Desa Dalam Pagar Ulu. Senin (15/4/2024) pagi. Foto: Arsyad/lenterakalimantan.com
Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor saat menyampaikan sambutan pada acara haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang bertempat di Masjid Tuhfaturragibin, Desa Dalam Pagar Ulu. Senin (15/4/2024) pagi. Foto: Arsyad/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, MARTAPURA – Dalam rangka haul Datu ke-218 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor turut hadir bersama forkopimda setempat. Senin (15/4/2024).

Pada acara haul tersebut turut hadir pula para alim ulama, habib, Ketua DPRD Kalsel, Anggota DPR-RI Syaifullah Tamliha, dan jajaran forkopimda serta masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Gubernur Kalsel, biasa disapa Paman Birin mengatakan bersinarnya Banua. Membuat banua ini bersinar maksudnya bersyukurlah kita hidup di Bumi Lambung Mangkurat.

“Di Banua kita yang tercinta ini pernah hadir dua ulama besar salah satunya yaitu Syekh Maulana Muhammad Arsyad Al Banjari yang mana pada zamannya Datu Kelampayan belajar berpuluh-puluh tahun di Kota Makkah yang kemudian kembali ke banua mengajarkan ilmunya hingga sampailah kepada kita sekarang. Bahkan kitab karangan Datu Kelampayan yang bernama Sabilal Muhtadin menjadi rujukan dan menjadikan salah satu masjid yang ada di Banjarmasin,” kata Paman Birin saat membawakan sambutan.

Orang nomor satu di Kalsel itu juga menyebutkan bahwa akan dibangun sebuah masjid di Banjarbaru yang bernama Masjid Raya Muhammad Arsyad Al Banjari.

“Insyaallah di tahun 2024 ini pihak Pemerintah Provinsi sudah membangun dan tinggal di resmikan Masjid Sabilal Muhtadin namun letaknya di Banjarbaru, karena Ibu Kota kita yang awalnya di Banjarmasin berpindah ke Banjarbaru dan nama Masjid itu adalah Masjid Raya Muhammad Arsyad Al Banjari,” pungkasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan Paman Birin juga tidak lupa mengucapkan selamat Idulfitri 1445 Hijriyah mohon maaf lahir dan batin.

“Seiring doa yang kita sama-sama harapkan selama ibadah yang kita laksanakan di bulan ramadan satu bulan penuh semoga mendapat ganjaran dari Allah SWT,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *