Bantu Warga Ringankan Bayar PBB, Kecamatan Tanjung Launching Inovasi Kayuh Baimbai

Camat Tanjung, Wirahadikusuma memberikan sambutan serta laporan dari inovasi Kayuh Baimbai. Foto: JM/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, TANJUNG – Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong melaunching Inovasi Kayuh Baimbai di Aula Balai Rakyat Dandung Suchrowardi Pembataan, Rabu (22/5/2024).

Kayuh Baimbai ini salah satu inovasi penunjang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan oleh Camat Tanjung, Wirahadikusuma bahwa Kayuh Baimbai sendiri merupakan inovasi untuk menumbuhkan semangat gotong royong warga Kecamatan Tanjung khususnya pada bidang kebersihan.

“Tercapainya lingkungan yang bersih pada kelurahan Jangkung dan terbayarnya PBB pada kelurahan Jangkung sebagai percontohan dan terkumpulnya sampah yang telah terpilih untuk diserahkan ke bank sampah,” ungkapnya.

Wira menyampaikan di bulan Mei ini pihaknya sudah melaksanakan gotong royong mengumpulkan sampah untuk selanjutnya dijadikan nilai ekonomis di bank sampah.

“Alhamdulillah dari kumpulan sampah yang didapat kami serahkan ke bank sampah lalu diuangkan mendapat Rp 525 ribu. Dari anggaran tersebut nanti kami bayarkan ke kelurahan Jangkung yang masyarakatnya masuk kriteria kita bayarkan,” terangnya.

Untuk itu, ia mengharapkan, dalam jangka menengah inovasi ini dapat mencapai target realisasi penerimaan PBB Kecamatan Tanjung serta terpenuhinya beban kewajiban masyarakat dalam membayar PBB.

Sementara itu Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah mengapresiasi dan menyambut baik atas inovasi ini sebagai proyek perubahan yang dilakukan Camat Tanjung selaku inovator.

“Ini sebagai inovasi daerah yang akan menjadi contoh untuk kecamatan-kecamatan yang lain,” ungkapnya.

Menurutnya, inovasi Kayuh Baimbai ini dalam peningkatan PAD sangat penting bahkan diperlukan karena bisa saja anggaran dana transfer dapat berkurang.

“Jadi harapkan PAD kita nanti bisa lebih besar dari dana transfer, melalui inovasi Kayuh Baimbai ini akan meringankan beban masyarakat untuk pembayaran PBB,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *