Berdayakan Ekonomi Perempuan, Pemkab Balangan Bekali Keterampilan untuk Ibu Rumah Tangga

Sejumlah calon wirausahawan antusias mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan membuat kue di Gedung TPA Desa Pupuyuan, Kecamatan Lampihong Minggu (19/5/2024). Foto: MC Balangan
Sejumlah calon wirausahawan antusias mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan membuat kue di Gedung TPA Desa Pupuyuan, Kecamatan Lampihong Minggu (19/5/2024). Foto: MC Balangan

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan ekonomi kreatif serta kemandirian, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan mengadakan pelatihan bagi ibu rumah tangga di Gedung TPA Desa Pupuyuan, Lampihong.

Jabatan Fungsional (JF) Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Sub Koordinator Perlindungan, Pengurus Utama Gender dan Pemberdayaan Perempuan Balangan, Noreli Rahmah mengungkapkan, pelatihan ilmu keterampilan yang diajarkan bagi kalangan perempuan, merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah dalam mendukung kesetaraan gender untuk memperkuat peranan perempuan dalam perkuatan ekonomi.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah daerah memberikan kesempatan bagi perempuan untuk bisa mandiri secara finansial, sehingga mereka tidak terlalu bergantung pada keuangan suami, tetapi mereka juga bisa berkontribusi pada dalam meningkatkan perekonomian keluarga,” ucapnya kepada lenterakalimantan.com, Senin (20/5/2024).

Berbagai macam pelatihan sudah diberikan, salah satunya yakni keterampilan dalam proses pembuatan kue, diharapkan nantinya peluang ini dapat memberikan nilai postif dalam menyejahterakan pertumbuhan ekonomi keluarga.

“Untuk perempuan di Desa Pupuyuan di Kecamatan Lampihong, dari hasil pelatihan ini diharapkan mampu menemukan peluang usaha, dalam menciptakan ekonomi kreatif bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat,” beber JF Penggerak Swadaya Masyarakat Noreli Rahmah.

Secara terpisah, Ketua TP PKK Desa Pupuyuan, Siti Masliah menyampaikan, dari pelatihan yang diajarkan kedepannya bisa meningkatkan kewirausahaan perempuan yang nantinya dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kesejahteraan bagi keluarga mereka.

“Pelatihan yang diajarkan sangat bermanfaat bagi kami, selain mendapatkan keahlian baru, juga menambah wawasan bagi para perempuan dalam upaya meningkatkan peluang bisnis dari rumah,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *