Disbunnak Tabalong Salurkan Bantuan Ratusan Ekor Sapi ke Sejumlah Kelompok Ternak

Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah menyerahkan bantuan. Foto: Ryan Prokopim
Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah menyerahkan bantuan. Foto: Ryan Prokopim

lenterakalimantan.com, TANJUNG – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tabalong menyalurkan bantuan ternak sapi kepada sejumlah kelompok ternak di wilayah setempat.

Bantuan ternak sapi ini merupakan upaya pengembangan pemerintah dalam meningkatkan populasi peternakan khususnya sapi di ‘Bumi Saraba Kawa’.

Bacaan Lainnya
Potret ratusan sapi yang disalurkan di pasar Hewan Jaro. Foto: JM/lenterakalimantan.com
Potret ratusan sapi yang disalurkan di pasar Hewan Jaro. Foto: JM/lenterakalimantan.com

Kepala Disbunnak Tabalong, Saleh, mengatakan bahwa ada sebanyak 135 ekor sapi bantuan dari Pemkab Tabalong tahap III 2024 yang diserahkan kepada para kelompok ternak.

“Ada 13 kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Muara Uya, Jaro, Bintang Ara dan Haruai,” kata Saleh saat penyaluran bantuan ternak sapi di Pasar Hewan Desa Jaro, Kecamatan Jaro, Rabu (22/5/2024).

Ia menjelaskan, bantuan ternak ini memang terfokus untuk wilayah utara Tabalong saja karena kebutuhan pakannya yang masih banyak tersedia dan mudah untuk didapatkan.

“Kenapa kita fokuskan, karena penghijauan pakannya masih tersedia,” jelasnya.

Tujuannya, Saleh menyebut hal ini sebagai upaya meningkatkan populasi peternakan, terlebih untuk peningkatan perekonomian khususnya para peternak.

“Ini agar para petani itu ekonominya lebih meningkat dan kita ingin menuntaskan populasi ini harus tiga kali lipat dari pada yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah mengapresiasi atas penyaluran bantuan tersebut yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Tentu saja dari bantuan sapi ke kelompok ternak akan meningkatkan kesejahteraan mereka dalam pengembangan usaha,” ucapnya.

Ditambahkannya, sedangkan dengan keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pihaknya juga akan mengembangkan potensi peternakan yang ada untuk memenuhi kebutuhan di luar.

“Yang jelas kebutuhan kita saat lebaran haji juga masih kurang, namun suatu saat kalau itu akan berkembang nanti akan kita kembangkan untuk IKN,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *