ULM Banjarmasin Gelar Karya Inovatif Mahasiswa Seluruh Provinsi di Kalimantan

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menggelar karya inovatif seni dan keterampilan mahasiswa 2024 di Lapangan Tumpang Lima FKIP, Sabtu (25/5/2024). Foto: Ikhsan/lenterakalimantan.com
Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menggelar karya inovatif seni dan keterampilan mahasiswa 2024 di Lapangan Tumpang Lima FKIP, Sabtu (25/5/2024). Foto: Ikhsan/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, BANJARMASIN – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menggelar karya inovatif seni dan keterampilan mahasiswa 2024 di Lapangan Tumpang Lima FKIP, Sabtu (25/5/2024).

Dalam kegiatan hari ini, para mahasiswa sebelumnya melakukan perkuliahan pertemuan 1 hingga 15 kali untuk membuat proposal.

Bacaan Lainnya

Sampai pelaksanaan kegiatan, dan hari ini adalah presentasi atau publikasi hasil yang mereka lakukan hingga mereka laporkan karya mahasiswa.

“Mereka melatih anak panti membuat sasirangan, kemudian mereka membimbing anak sekolah SMP dan SMA membuat mading. Ada juga mereka membantu UMKM dalam pembuatan produk mereka dan membuat kemasannya, ” kata Dr Hidayah Ansori M.Si di Lapangan Tumpang Lima FKIP ULM Banjarmasin.

Acara yang bertujuan untuk menampilkan hasil karya inovatif mahasiswa ini dihadiri oleh ratusan pengunjung, termasuk para akademisi, industri, dan masyarakat umum.

Semua kegiatan ini adalah melakukan pembelajaran memberikan kepada mahasiswa menemukan masalah, mengelolanya, menentukan penyelesaiannya dan membuat tindak lanjut dari masalah itu itu sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Kalbar dalam pembuatan Tote Bag, yang terinspirasi dari banyaknya masyarakat menggunakan limbah plastik yang sangat sulit terurai.

Mengganti penggunaan plastik dengan Tote Bag yang dapat digunakan berulang kali sebagai upaya mengurangi limbah plastik.

“Sudah banyak penggunaan plastik jadi kami mengganti plastik belanja itu dengan menggunakan tote bag. Kemudian pembuatannya dengan bahan alami yang ramah lingkungan bahan dasarnya kita dari Kanvas, dan untuk Warnanya sendiri kita menggunakan ada beberapa jenis tumbuhan di antaranya.
bunga telang menghasilkan warna ungu, kunyit warna kuning, buah naga warna ungu atau pink,” ucap Ayu Lestari dari Kelompok 2.

Dalam pembuatan karya Tote Bag ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari pengerjaan. Dari pembuatan warnanya itu sehari, proses pewarnaanya satu hari, hingga penjemurannya butuh satu hari.

Dalam kegiatan ini mahasiswa untuk membuat tugas akhir Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *