Bupati-Wakil Bupati Kotabaru Hadiri Peringatan Hari Pancasila

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila bersama Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru di halaman eks kantor bupati. Foto: Putri/lenterakalimantan.com
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila bersama Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru di halaman eks kantor bupati. Foto: Putri/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, KOTABARU – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melaksanakan upacara Peringatan Hari Pancasila di halaman kantor bupati setempat, Sabtu (1/6/2024) pagi.

Upacara Peringatan Hari Pancasila di hadiri Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, Wakil Bupati Andi Rudi latif, Sekda, Ketua TP PKK, Ketua DPRD, Forkopimda, SKPD, para camat, serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Bertindak selaku inspektur upacara Dandim 1004/Kotabaru Letkol Inf Deden Ika Derajat.

Sedangkan peserta apel terdiri unsur TNI-Polri, ASN, Senkom,.Basarnas, para pelajar.

Sambutan Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, dibacakan Dandim 1004/Kotabaru.

Dandim menyampaikan bahwa suatu bangsa tidak akan lepas dari nilai-nilai Pancasila, karena sejarah mencatat bahwa Presiden Soekarno yang pertama menggaungkan Kemerdekaan Indonesia pada masa silam.

“Pada hari ini, kita memperingati upacara Hari Pancasila di tahun 2024. Mengingat sang proklamator Soekarno yang mempelopori teks naskah Pancasila dalam sambutannya untuk kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Dandim menyebutkan tema yang diusung adalah “Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa, Generasi Emas Tahun 2045”. Keberagaman ras, suku, agama dan bahasa, dirinya memaknai kesatuan Indonesia dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Hal itu untuk menyongsong Indonesia Emas. Sebagai bangsa yang majemuk, maka Pancasila dengan nilai-nilai yang terkandungnya itu menjadi hikmah dalam kehidupan berbangsa. Dan supaya mencapai cita-cita negeri ini,” ucap Letkol Deden Ika Sudrajat.

Di upacara tersebut juga dibacakan teks Pancasila, Pembacaan UUD 45 , mengheningkan cipta, menyanyikan lagu mars perjuangan dan pengibaran Bendera Merah Putih oleh purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kotabaru .

Di upacara itu Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru beserta SKPD, para camat, undangan lainnya menggunakan baju adat/sasirangan.

Usai upacara dilanjutkan dengan launching peluncuran logo akses saijaan (anak Kotabaru semua sekolah) dalam menyukseskan program penanganan anak tidak sekolah di Kotabaru.

Launching dilaksanakan bersama Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru serta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru, perwakilan Diknasbud Kalsel.

Serta Pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Kotabaru dalam rangka hari jadi ke-74 Kabupaten kotabaru, 1 Juni 1950 – 1 juni 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *