Menwa Kalsel Meriahkan Upacara Hari Lahir Pancasila Bersama Gubernur

Puluhan anggota Menwa foto bersama dengan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Sumber foto: Menwa for LK

Lenterakalimantan.com, BANJARBARU – Puluhan anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Kalimantan Selatan turut serta dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Kota Banjarbaru, pada Sabtu 1 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menegaskan pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi bangsa Indonesia. “Bangsa ini tidak akan pernah lepas dari nilai-nilai Pancasila, sebagaimana yang dicetuskan oleh Presiden pertama kita, Ir. Soekarno, dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Paman Birin menekankan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini mengambil tema “Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa, Generasi Emas Tahun 2045.” Tema ini, menurutnya, mencerminkan keberagaman Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, sebagai landasan untuk menyongsong Indonesia Emas.

“Sebagai bangsa yang majemuk, Pancasila dengan segala nilai yang terkandung di dalamnya merupakan hikmah yang harus kita junjung tinggi dalam kehidupan berbangsa, demi mencapai cita-cita negeri ini,” ujar Paman Birin.

Di akhir sambutannya, Paman Birin berpesan agar bangsa Indonesia, khususnya warga Kalimantan Selatan, membangun karakter yang tangguh, berintegritas, dan menjunjung tinggi etika. “Dengan demikian, kita dapat menjadi bangsa yang besar,” tutupnya.

Senada dengan itu, Kepala Staf Resimen Mahasiswa (Menwa), H. Jamaluddin, saat dihubungi oleh lenterakalimantan.com, menyatakan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila bukan sekadar seremonial, tetapi juga momen untuk merenungkan arti nilai-nilai dasar bangsa Indonesia.

“Pancasila bukan hanya identitas nasional, tetapi juga pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucap Jamaluddin.

Ia menambahkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni merupakan momentum penting bagi bangsa Indonesia, khususnya Provinsi Kalimantan Selatan, untuk selalu mengingat peristiwa bersejarah di masa lalu dan merenungkan nilai-nilai dasar negara, yaitu Pancasila.

Jamaluddin mengungkapkan rasa syukurnya karena Menwa bisa terlibat langsung dalam upacara ini. “Atas nama Menwa, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kalimantan Selatan yang telah mengundang kami. Tentunya, dalam momentum ini, kami sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *