Pansus I DPRD, Tinjau Lokasi Bakal Dijadikan Kantor Kecamatan Baru Beri 3 Saran ke Tim Pemekaran

Pansus I DPRD Tinjau rencana kantor Kecamatan baru di Desa Sungai Riam (dok foto Diskominfo)
Pansus I DPRD Tinjau rencana kantor Kecamatan baru di Desa Sungai Riam (dok foto Diskominfo)

lenterakalimantan.com, PELAIHARI – Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Tala, bersama Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Tanah Laut (Tala) melakukan kajian rencana pembentukan pusat kecamatan baru yang akan dimekarkan.

Untuk memastikan lokasi tempat kantor kecamatan baru pihak Pansus dan Pemkab Tala melakukan peninjauan langsung ke lokasi di Desa Sungai Riam yang masuk ke Kecamatan Pelaihari, Selasa (4/6/2024).

Bacaan Lainnya

Pansus DPRD Kabupaten Tanah Laut H Arkani mengatakan, terkait hasil peninjauan langsung ke lapangan dimana rencananya akan dibangun pusat kantor Kecamatan Taruna Makmur ada 3 saran yang disampaikan.

“Ada 3 saran yang disampaikan kepada pihak tim Pemekaran Pemkab Tala, terkait pemekaran kecamatan baru,”katanya saat dikonfirmasi lenterakalimantan.com, Rabu (5/6/2024).

Menurutnya yang pertama, lahan lokasi rencana kantor kecamatan baru yang akan dibangun tanahnya adalah hibah dari salah seorang tokoh terkenal di Tanah Laut.

“Namun sampai ini belum ada hitam putihnya. Disarankan untuk segera ditindak lanjuti oleh Tim pemekaran yang dibentuk Pemkab agar memastikan dokumen hibah sesuai aturan berlaku sudah di tangan Pemkab Tala,”ujarnya.

Politisi Demokrat itu bilang, saran kedua Pihak Dinas PUPRP, Bidang Tata Ruang agar mengkaji, rekayasa lalu mendesain dalam radius berapa meter dari rencana kantor kecamatan depan maupun samping ditiadakan kebun atau pertanian supaya dituangkan dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR)

“Peruntukan pertanian maupun perkebunan ditiadakan dekat dengan kantor kecamatan buat menunjang maju pesatnya pembangunan di kecamatan baru,” jelas Arkani.

Saran ketiga kata Arkani, mempermudah akses warga desa yang mau ke kantor kecamatan baru ada pembangunan infrastruktur dan pembangunan jalan pintas desa.

“Terkait ⁠rencana infrastruktur juga penunjang lainnya. Segera direncanakan, termasuk jalan pintas dari desa-desa menuju pusat kecamatan baru,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *