Penanaman Pohon di Danau Hatiwin Memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia

Pj Bupati Tapin, M. Syarifuddin turut andil penanaman bibit pohon dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang berlangsung di objek wisata Danau Hatiwin, Kecamatan Tapin Selatan, Jumat (21/6/2026).
Pj Bupati Tapin, M. Syarifuddin turut andil penanaman bibit pohon dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang berlangsung di objek wisata Danau Hatiwin, Kecamatan Tapin Selatan, Jumat (21/6/2026).

lenterakalimantan.com, RANTAU – Penjabat (PJ) Bupati Tapin, M. Syarifuddin, M.Pd, memimpin apel peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di objek wisata Danau Hatiwin, Desa Hatiwin, Kecamatan Tapin Selatan, Jumat (21/06/2024). Dalam acara tersebut, ia juga membacakan sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc.

Peringatan ini ditandai dengan penanaman bibit pohon oleh PJ Bupati Tapin, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), muspika kecamatan, duta wisata, forum anak, duta lingkungan, serta berbagai instansi terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin, Ir. H. Nordin, M.S., Danramil Tapin Selatan Kapt Inf Asep Abi, Camat Tapin Tengah Riza Al-Ghifari, Kapolsek Tapin Selatan, pimpinan SOPD, dan perwakilan perusahaan.

Dalam sambutannya, PJ Bupati menyampaikan bahwa setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, sebuah keputusan yang diambil dalam Konferensi Stockholm tahun 1972 oleh Majelis Umum PBB. Peringatan ini dirayakan secara global dengan satu negara ditunjuk sebagai tuan rumah, dan pada tahun 2024, Arab Saudi mendapatkan kehormatan tersebut.

Indonesia sendiri telah mengeluarkan Inpres 98/2021 tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK) yang mengatur pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. “Kami menyampaikan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras seluruh elemen bangsa,” ujar PJ Bupati.

Lebih lanjut, M. Syarifuddin menegaskan pentingnya momen ini untuk terus meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. “Dengan penanaman pohon ini, harapannya lingkungan kita bisa lebih bersih, indah, dan hijau. Kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa setiap pohon yang kita tanam sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kenyamanan udara yang kita hirup,” tambahnya.

Kepala Dinas LH Tapin, Ir. H. Nordin, M.S., menambahkan bahwa penanaman pohon ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Pemilihan Danau Hatiwin sebagai lokasi kegiatan didasarkan pada kebutuhan akan daerah tangkapan air yang diperlukan untuk danau tersebut.

“Danau Hatiwin adalah objek wisata unggulan di Kabupaten Tapin dan Kalimantan Selatan. Dengan penanaman pohon ini, diharapkan desa wisata Hatiwin menjadi lebih hijau dan memberikan manfaat besar, terutama dalam mengurangi pemanasan global,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *