Piala Bupati Balangan, Ratusan Warga Ikuti Lomba Bagagap Iwak di Sungai Kali Maraup Panggung

Bupati Balangan Abdul Hadi terlihat piawai menggunakan lunta (jala) saat kegiatan lomba bagap iwakak berlangsung di Sungai Kali Maraup Desa Panggung, Paringin Selatan. Foto: Windi/lenterakalimantan.com
Bupati Balangan Abdul Hadi terlihat piawai menggunakan lunta (jala) saat kegiatan lomba bagap iwakak berlangsung di Sungai Kali Maraup Desa Panggung, Paringin Selatan. Foto: Windi/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Balangan meramaikan suasana tahunan lomba bagagap iwak di Sungai Kali Maraup Desa Panggung, Kecamatan Paringin Selatan, Selasa (12/6/2024).

Kegiatan lomba bagagap iwak secara resmi dibuka oleh Bupati Balangan Abdul Hadi, didampingi Kapolres AKBP Riza Muttaqin, Ketua Pengadilan Negeri Paringin Sofyan Anshori Rambe, Ketua DPRD Ahsani Fauzan, beserta sejumlah SKPD di lingkup pemkab setempat.

Bacaan Lainnya

Terkait hal ini, Bupati Abdul Hadi menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan dan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat.

“Pemerintah daerah selalu berupaya mendukung budaya atau tradisi masyarakat yang sudah berjalan turun-temurun untuk selalu dilestarikan,” ujarnya.

Bupati Abdul Hadi, juga memberikan masukan dan arahan kepada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Balangan, agar memperhatikan fasilitas serta infrastruktur jalan usaha taninya.

“Kepada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata atau yang membidanginya, tolong fasilitas infrastruktur jalan JUT nya, supaya tahun depan akan bisa kita lakukan pengecoran sampai ke sisi baruh maraup,” ucap orang nomor satu di Balangan itu.

Menurut Bupati Abdul Hadi, selain melestarikan budaya, mencari ikan menggunakan alat tradisional merupakan sebuah edukasi bagi masyarakat untuk tidak merusak ekosistem atau habitat, yang berkenaan dengan peralatan yang dilarang.

Secara terpisah, Kepala Desa Panggung, Yusdani, mengatakan kegiatan bagagap iwak sudah dilaksanakan untuk yang ketiga kalinya, melalui dukungan pemerintah daerah yakni, Bupati Abdul Hadi kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik.

“Selain didukung penuh oleh pemerintah daerah, Bupati Abdul Hadi juga mempersiapkan hadiah bagi para peserta yang nantinya berhasil keluar sebagai juara, kami juga mendukung penuh rencana bupati ke depan untuk menjadikan objek wisata, sebagai pembuka jalan menggali potensi desa yang ada di Kabupaten Balangan,” beber Kades yang akrab disapa Iyus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *