Rakornas Ke-15, Wakil KI Pusat: Pentingnya Kerja Sama dengan PWI

Seminar Nasional Komisi Informasi ke-15 yang berlangsung di Neptunus Ballroom, Hotel Galaxy Banjarmasin. Selasa (11/6/2024). Foto: Arsyad/lenterakalimantan.com
Seminar Nasional Komisi Informasi ke-15 yang berlangsung di Neptunus Ballroom, Hotel Galaxy Banjarmasin. Selasa (11/6/2024). Foto: Arsyad/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, BANJARMASIN – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia digelar di Neptunus Ballroom, Hotel Galaxy Banjarmasin, Selasa (11/6/2024).

Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Arya Sandhiyudha menekankan keterbukaan informasi publik pada kegiatan ini menjadi sorotan.

Bacaan Lainnya

“Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi KI yang dituntut untuk mengawal keterbukaan informasi publik,” kata Arya .

Selain itu, ia juga menyoroti dua tantangan lainnya, yaitu inovasi teknologi dan bonus demografi.
“Indonesia dituntut melaksanakan inovasi teknologi berkelanjutan dan menghadapi bonus demografi, apakah ini tantangan atau justru menjadi demografik defisit,” ungkapnya.

Selanjutnya ia menjelaskan pentingnya kerja sama antara Komisi Informasi Pusat dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Perlu adanya kerja sama antara KI Pusat dengan PWI dan Dewan Pers untuk menentukan standar publikasi yang mengedepankan keterbukaan informasi. Misalnya, informasi yang dikecualikan dalam UU KIP perlu diberikan penjelasan teknis yang bisa disusun bersama agar masyarakat mendapatkan informasi secara terbuka dan transparan dalam koridor pemberitaan yang benar,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *