Banjir di Haruyan HST Mulai Surut, Warga Diminta Tetap Waspada

Banjir yang menggenangi sejumlah daerah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Mulai Susut
Banjir yang menggenangi sejumlah daerah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Mulai Susut

lenterakalimantan.com, BARABAI – Banjir di Kecamatan Haruyan mulai surut, Ketinggian air menggenangi sebagian desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan berangsur-angsur surut setelah naik bertepatan pada pertama perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah berlangsung.

Kepala BPBD HST, Budi Haryanto menyebutkan penurunan debit air sudah terlihat di Desa Haruyan Seberang terutama di RT 5 sudah ada penurunan sekitar 20 centimeter. “Air kini mengalir tidak sderas sehari lalu,” sebut Budi, Kamis (13/5) malam.

Ia berharap tidak ada hujan susulan. Sebab jika terjadi hujan, kemungkinan sungai bisa kembali meluap. Khususnya di daerah atas, DAS di Hulu Hamak HSS. Semoga tidak ada hujan

Saat ini Tim BPBD HST masih melakukan patroli untuk mengantisipasi hal-hal yang ta diinginkan. Terlebih pada dua desa dekat dengan aliran sungai yakni, Mu’ui dan Haruyan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga. Selain itu kami juga mengimbau agar tidak termakan hoaks. BPBD sebagai sumber informasi untuk ini,” katanya.

Pada hari pertama Idulfitri 1442 Hijriah, sejumlah desa di Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terendam banjir, Kamis (13/5) malam.

Banjir disebabkan luapan Sungai Loklaga Haruyan yang berhulu dari Pegunungan Hamak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di pegunungan dilaporkan sebagai pemicu meluapnya air sungai.

Berdasarkan informasi yang diterima media ini, ketinggian air bervariasi, mulai dari semata kaki hingga mencapai lutut orang dewasa. Sejumlah rumah warga pun dilaporan ikut terendam.

Sejumlah desa yang terendam banjir tersebut di antaranya, Haruyan Seberang, Haruyan, Teluk Mesjid, Mangunang dan Pengambau Hulu.

Kalak BPBD HST, Budi Haryanto menuturkan, daerah aliran sungai atau DAS di Haruyan ini mengalir ke Kecamatan Telaga Langsat yang berhulu dari dari Gunung Hamak di HSS.

“Infonya dari kalak BPBD HSS, Pak Samsudin. Kami berkoordinasi dan tim kami terjunkan ke lapangan,” kata Budi melalui pesan WhatsApp.

Kenaikan debit air hingga menggenangi ruas jalan di beberapa desa itu, kata Budi terjadi sejak petang tadi. “Informasi yang kami dapat dari warga, air mulai meluap ke jalan sekitar pukul 18.40,” ujar Budi

Saat ini, tim BPBD HST sudah turun ke lokasi banjir. Mereka memberikan imbauan agar tetap waspada dan berhati hati. “Saat ini arus sudah tidak begitu deras lagi. Semoga tidak ada hujan susulan di daerah atas atau dari DAS di hulu Hamak HSS,” tutup Budi.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.