Jelang PSU 9 Juni Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Tapin Patroli TPS

lenterakalimantan.com, TAPIN –  Jelang pelaksanaan pemilihan suara ulang (PSU), jajaran Bawaslu Provinsi Kalsel dan Bawaslu Kabupaten Tapin gelar giat patroli pengawasan 24 TPS di Kecamatan Binuang, Sabtu malam (05/06/2021).

Patroli pengawasan jelang pelaksanaan Pemungutan Suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, sebagai upaya kita memastikan pelaksanaan PSU berjalan dengan aman dan lancar.

“Patroli pengawasan ini sebagai upaya pencegahan terjadinya berbagai potensi pelanggaran, seperti politik uang,” jelas Aries Mardiono, anggota Bawaslu Kalsel saat memimpin patroli di wilayah PSU di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Jajaran Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan sebut dia berupaya mencegah terjadinya pelanggaran serta untuk memaksimalkan pengawasan. Hampir seluruh jajaran Bawaslu Tapin dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga kelurahan atau desa yang menjadi tempat PSU, termasuk sekretariat ikut ngeluruk ke lapangan melakukan patroli,” papar Aries Mardiono kepada awak media.

Dimulai dengan apel di halaman sekretariat Panwaslu Kecamatan Binuang sekitar pukul 20.30 WITA, patroli dikawal anggota Polsek dan Koramil Binuang yang ikut melakukan pengawasan ke wilayah tempat pelaksanaan PSU.

“Patroli gabungan menyasar Desa Pualam Sari, Desa Tungkap, Desa Mekarsari, Desa Padang Sari, Kelurahan Binuang dan Raya Belanti.” Paparnya.

Aries menambahkan, masa rawan dalam penyelenggaraan Pemilihan adalah ketika semakin mendekati waktu pemungutan suara. Dimana, PSU Pilgub Kalsel di Tapin akan dilaksanakan tanggal 9 Juni 2021, “Pengawasan lebih kita ketatkan lagi,” tambah Aries.

Dia berharap Patroli ini bisa terus dilakukan oleh rekan-rekan Bawaslu Tapin, dan Panwaslu Kecamatan Binuang hingga pelaksanaan pungut hitung. Karenanya seluruh jajaran Bawaslu Tapin hendaknya terus patroli pengawasan tidak hanya siang hari tapi juga dilakukan pada malam hari.

Sementara itu Ketua Bawaslu Tapin, menambahkan, agar PSU di wilayah tugasnya dapat berjalan luber dan jurdil, Thessa Aji Budiono minta jajarannya untuk terus berupaya meningkatkan intensitas pengawasan ke lapangan.

“Dengan patroli pengawasan ini, kita memastikan tidak terjadinya pelanggaran jelang PSU, terutama praktek politik uang,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.