Panglima TNI dan Kapolri Tiba di Kalsel, Walikota Banjarmasin Langsung Terima Bantuan Oxygen

Panglima TNI dan Kapolri Tiba di Kalsel, Walikota Banjarmasin Langsung Terima Bantuan Oxygen (5/8).
Panglima TNI dan Kapolri Tiba di Kalsel, Walikota Banjarmasin Langsung Terima Bantuan Oxygen (5/8).

lenterakalimantan.com, BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, bersama Pj Gubernur Kalsel, Safrizal, menyambut kedatangan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo, di Auditorium Idham Chalid, Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, di Kota Banjarbaru, Kamis (5/8).

Kedatangan dua jenderal bintang empat ke Bumi Lambung Mangkurat dalam rangka mengetahui secara langsung trend peningkatan kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali, khususnya di dua wilayah di Kalsel, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

Bacaan Lainnya

Sekaligus menyerahkan bantuan berupa oxygen concentrator, APD dan peralatan lainnya dari TNI-Polri.

Bantuan tersebut diterima langsung H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarbaru, Wartono. “Saya mengirim 50 oksigen konsentrator termasuk APD dan peralatan lain, ini ditempatkan di isoterm-isoterm yang memerlukan,” pesan Hadi Tjahjanto.

Terkait tracing digital, Hadi Tjahjanto kembali menjelaskan, kemampuan aplikasi ini masih terus ditingkatkan dengan harapan dapat meminimalisir kendala saat dioperasionalkan di lapangan.

Tak hanya dari sisi perangkatnya, ucapnya lagi, kemampuan dari sumber daya manusianya pun juga dipersiapkan, dengan melaksanakan pelatihan tenaga tracing.

“Pak Gubernur, Pak Walikota, kemarin saya sudah melaksanakan pelatihan tenaga tracing yaitu tracer digital dari TNI Polri, yang nantinya akan kita tempatkan di Puskesmas dan dilaporkan di aplikasi Silacak,” jelas.

Ia berharap, dengan kehadiran dirinya di Provinsi Kalsel bersama Kapolri dapat menjadi penyemangat bagi petugas-petugas yang melaksanakan kegiatan tracer, “Saya yakin, dengan kedatangan saya dan Pak Kapolri, dan nanti diawasi oleh Kapolda, Kapolri Danrem, insyaallah pelaksanaan tracer di tiap puskesmas berjalan dengan baik.” tandasnya.

Sementara Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, di Bulan Agustus dan Bulan September nanti, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan mengirimkan vaksin dalam jumlah besar.

Ia berpesan, bila nanti kegiatan vaksinasinya sudah cukup merata dan wilayah-wilayah yang dalam kategori level III dan IV sudah baik, maka tindakan selanjutnya yang harus dilaksanakan pemerintah daerah adalah memperkuat pro Kesehatan.

“Kalau vaksin sudah bagus, dan wilayah-wilayah sudah bagus, maka yang sekarang dan kedepannya harus terus kita kuatkan adalah protokol kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal dalam laporannya menjelaskan tentang jumlah kasus Covid di Kalsel, khususnya wilayah yang sedang menerapkan PPKM Level 4.

Untuk mengatasi berbagai kendala di lapangan termasuk kekurangan oksigen, lanjutnya, kolaborasi dan sinegitas antara pemerintah daerah, instansi terkait dan swasta telah dilakukannya.

“Semangat kami adalah kolaborasi. Kami dengan Pak Kapolda, Danrem, serta Forkopimda lainnya saling terus berkoordinasi dan berkolaborasi,” kata Safrizal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.