Menampung Korban Banjir Mensos Akan Bangun Shelter di Lokasi Banjir Asam-Asam Tala

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini Akan Segera Membangun Shelter atau Tempat Penampungan Darurat Korban Banjir di Desa Asam-Asam Agar Tidak Jauh melakukan Evakuasi
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini Akan Segera Membangun Shelter atau Tempat Penampungan Darurat Korban Banjir di Desa Asam-Asam Agar Tidak Jauh melakukan Evakuasi

lenterakalimantan.com, PELAIHARI – Permudah Evakuasi korban saat banjir Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini akan bangunkan shelter atau hunian sementara bagi warga korban di Desa Asam-Asam Kabupaten Tanah Laut (Tala)

“Melihat jarak dan medan cukup sulit untuk evakuasi korban banjir terutama yang sakit, ibu hamil dan anak-anak maka shelter perlu dibangun,”kata Risma saat berkunjung ke lokasi banjir Rt. 06 dan 7 Desa Asam-Asam, Rabu (15/9) kemarin petang.

Bacaan Lainnya

Shelter kata dia secepatnya akan kita bangun disini. Tinggal tempat atau lokasi yang tepat harus tersedia. “Jika titik kumpul sementara tersedia mana kala banjir datang warga bisa segera dapat di evakuasi di satu tempat shelter tersebut,”kata mantan Walikota Surabaya dua periode ini.

Pemerintah Tanah Laut langsung merespon dan menyanggupi menyediakan tanah pembangunan Shelter. “Ada lokasi atau tanah Pemerintah yang bisa kita manfaatkan untuk membangun hunian sementara disini,”sahut Bupati Sukamta saat mendampingi Mensos Risma berkunjung ke lokasi Banjir Asam-Asam.

Kondisi Banjir Desa Asam-Asam Jorong Tala, Sendiri saat ini sudah surut dan warga bantaran sungai Asam-Asam kembali beraktivitas seperti biasa. Sabtu Lalu Banjir Melanda Asam-Asam dan sejumlah Desa di Tanah Laut, sejumlah sungai meluap akibat intensitas curah hujan sangat tinggi.

Ratusan rumah dan 1014 jiwa terdampak banjir di Desa Asam-Asam tersebut. Diantaranya RT. 4,5,6 7 dan 8. Daerah tersebut merupakan bantaran sungai Asam-Asam yang acapkali menjadi langganan banjir.

Saat tiba di Pusat Terdampak banjir Desa Asam-Asam, Rabu (15/9) Mensos Risma didampingi Bupati Sukamta langsung menapaki jalan setapak desa Ditempati Tempat terparah banjir RT 07 dan RT.06.

Hampir Satu jam mantan Walikota Surabaya itu berjalan kaki sambil membagikan bahan pokok ke warga bantaran sungai Asam Asam Tala, seperti membagikan handuk, popok bayi dan sejumlah bahan pokok.

Selanjutnya menemui anak-anak terdampak banjir di lokasi itu yang mengikuti kegiatan trauma healing dari relawan setempat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.