Puncak Peringatan HUT Kota Banjarmasin

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin , H Arifin Noor saat menyambangi makam Sultan Suriansyah, Jum'at (24/09).
Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin , H Arifin Noor saat menyambangi makam Sultan Suriansyah, Jum'at (24/09).

lenterakalimantan.com, BANJARMASIN – Puncak peringatan hari jadi Kota Banjarmasin ke 495 yang berlangsung di dua tempat yakni di pemakaman Sultan Suriansyah dan di Kantor DPRD Kota Banjarmasin, dilaksanakan secara sederhana dan mengikuti aturan protokol kesehatan, Jum’at (24/09).

Namun ada yang menarik dalam peringatan tahun 2021 ini, saat berziarah di makam Raja Banjar tersebut,Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, secara spontan menyambangi museum Sultan Suriansyah yang berlokasi di komplek pemakaman tersebut di kawasan Jalan Kuin, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Bacaan Lainnya

Kedua pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini sengaja datang ke tempat bersejarah itu untuk melihat kondisi terkini museum tersebut.

“Kita Maninjau ke museum makam Sultan Suriansyah yang sekitar 2 bulan yang lalu kondisinya sangat sangat memprihatinkan, Alhamdulillah sekarang sudah dalam kondisi yang bagus, tertata rapi, koleksinya juga sudah semakin lengkap,” ungkap H Ibnu Sina.

Dikatakannya, keberadaan sebuah museum sangat penting bagi sebuah kota, selain sebagai simbol peradaban, juga sebagai salah satu cara menghargai perjuangan para pendiri daerah ini adalah dengan memperhatikan serta menjaga seluruh peninggalannya.

“Begitulah cara kita untuk memuliakan Sultan Suriansyah dan seluruh pendiri Kota Banjarmasin, dan peninggalan-peninggalan juga harus kita lestarikan terutama koleksi-koleksi yang ada di pihak juriat atau pihak keluarga,” ujar Ibnu.

Ia berharap, selain pemerintah, seluruh lapisan masyarakat Bumi Kayuh baimbai juga ikut berkontribusi menjaga, memelihara dn memuliakan seluruh peninggalan Sultan Suriansyah.

“Mudah-mudahan warga di sini dan juga pihak-pihak yang sudah berkontribusi menjaga, memuliakan tempat ini bisa bersatu. Spiritnya, kita menghormati, memuliakan para pendiri kota, kesultanan Banjar itu pengaruhnya luar biasa, bukan hanya di Pulau Kalimantan bahkan sampai ke luar pulau Kalimantan”, tandasnya.

Sementara itu, saat rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan Hari jadi Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan H Arifin Noor, menyerahkan bantuan kepada keluarga tenaga kesehatan yang dalam masa pandemi Covid-19 ini meninggal dunia lantaran terpapar virus mematikan tersebut.

Dalam sambutannya, H Ibnu Sina memaparkan tentang rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di periode kedua kepimpinannya, salah satunya adalah pembenahan sungai-sungai, pelayanan publik yang cepat dan mudah dengan program smart city.

Untuk itu, ia mengajak seluruh komponen masyarakat agar menjadikan hari jadi Kota Banjarmasin ke-495 tahun 2021 ini, sebagai momentum untuk memicu dan memacu semangat, serta menjadi motivasi untuk membangun kota banjarmasin lebih baik lagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.