Desa Tangguh Bencana Kelurahan Raya Belanti Terima Bantuan Perahu Motor Dari BPBD Tapin

lenterakalimantan.com, RANTAU – Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tapin H Said Abdul Nasir secara simbolis menyerahkan perahu dan alat pemadam kebakaran untuk desa tangguh bencana di Kelurahan Raya, Kecamatan Binuang, Rabu (22/12/2021).

Penyerahan simbolis perahu dan alat pemadam kebakaran tersebut mewakili Bupati Tapin.

Bacaan Lainnya

Syahradi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab.Tapin saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan pemberian bantuan ialah untuk menguatkan kapasitas masyarakat Desa/Kelurahan secara luas dalam upaya penanggulangan bencana agar menjadi masyarakat tangguh bencana.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa 1 buah perahu bermotor, Help safety 5 buah, Rompi pelampung 5 buah, Tool box atau set kimci 1, Mesin pemadam Shibaura 1 paket, 1 buah Komputer dan 1 buah selang pemadam.

“Bantuan yang diberikan bersumber dari dana APBD perubahan TA. 2021 pada DPA BPBD Kabupaten Tapin,” ungkap Syahradi kepada awak media.

Syahradi menambahkan, penyerahan perahu dan alat pemadam kebakaran diberikan untuk penguatan desa tangguh bencana di Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang.

Bantuan langsung diserahkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Tapin dan diterima oleh Ketua Kelurahan Tangguh bencana Raya Belanti Kec. Binuang disaksikan oleh Anggota DPRD Tapin Adi Parma dari Partai Berkarya dan perwakilan Camat Binuang, Koramil dan Polsek Binuang serta Lurah Raya Belanti.

Seperti yang dikatakan Syahradi, desa tangguh bencana di Kelurahan Raya Belanti sudah dibentuk dari tahun 2020. Di tahun 2021 ini Pemerintah daerah melalui BPBD Tapin memberikan hibah peralatan penanganan bencana berupa perahu bermotor dan mesin pemadam serta perlengkapannya.

“Tujuannya yaitu untuk meningkatkan penanganan bencana oleh desa tangguh bencana sehingga penanganan bencana dapat dilakukan lebih cepat dan mandiri, namun BPBD Tapin siap selalu membantu apabila terjadi bencana,” Jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.