DPD Demokrat Kaltim Resmi Gelar Musda V, AGM dan Irwan Bersaing

Musda V Partai Demokrat Kaltim
Musda V Partai Demokrat Kaltim

lenterakalimantan.com,SAMARINDA – Dinyatakan memenuhi syarat dari Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK), Musda V Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kaltim Partai Demokrat resmi digelar hari ini, Jumat (17/12/2021) di Hotel Aston Samarinda.

Dalam Musda V itu, Dua Kandidat Calon ketua DPD Demokrat Kaltim hadir. H Abdul Gafur Mas’ud SE.ME, Dr Irwan Fecho.

Usai pelaksanaan pembukaan musda, acara dilanjutkan tahapan penjaringan bakal calon yang diajukan oleh 12 orang pemilik hak suara. Tahapan ini digelar secara tertutup. Semua kader yang tidak memiliki hak suara pun diminta untuk meninggalkan ruangan acara.

Sebagai informasi, 12 orang pemilik suara terdiri dari 10 Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten/Kota seluruh Kaltim, 1 Ketua DPD Kaltim, dan 1 orang dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

“Tahapan di sidang pleno 1, 2, dan 3 sudah kami laksanakan. Hasil verifikasi sudah saya sampaikan kepada ketua umum terkait hasil verifikasi sehingga menghasilkan dua nama calon, yaitu Abdul Gafur Masud (AGM) dan Irwan,” ujar Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron.

Dalam sidang pleno tersebut, dijelaskan Herman, bahwa AGM dan Irwan juga telah ditetapkan sebagai calon Ketua DPD Demokrat Kaltim. Namun saat ditanya lebih lanjut terkait kepengurusan mana saja yang mengusung keduanya, Herman menyebut informasi itu hanya akan menjadi laporan dalam berita acara yang dikirim ke tim 3. “Jadi ini untuk menjaga marwah juga,” katanya.

Meski begitu, bahwa tahapan ini hanyalah tiket untuk menuju proses seleksi yang sebenarnya, yaitu fit and proper test yang akan dinilai oleh tim 3 yaitu, Ketua Umum, Sekjen, dan Ketua BPOKK.

Jadi saringan yang dilakukan sampai bakal calon hingga penetapan calon dalam sidang pleno 3 hanya tiket saja untuk sampai ke tahapan fit and proper test,” terangnya.

Kedua calon akan ditanya soal visi, misi, program kerja dan strategi untuk bisa memenangkan Partai Demokrat dalam kontestasi politik Pileg, Pilpres, dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Selanjut hasil fit and proper test itu Partai Demokrat kemudian akan mengambil keputusan dalam sidang dengan berbagai instrumen yang telah disiapkan, hingga barulah nama yang terpilih akan diumumkan kepada publik.

“Kami akan menyelesaikan dulu musda, karena ini (Musda V DPD Kaltim) adalah musda ke-26 dari target kami tahun ini sebanyak 28 musda. Lalu 6 musda lainnya akan kami selesaikan di Januari. Barulah setelah itu akan kami melaksanakan fit and proper test, mungkin sekitar minggu satu atau kedua Januari,”katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.