Puncak Hari Jadi Tanah Laut ke-56, Bupati Sampaikan Capain Tahun 2021

Bupati TALA H.M Sukamta Saat Penandatangan Prasasti Di acara puncak hari jadi Tanah Laut
Bupati TALA H.M Sukamta Saat Penandatangan Prasasti Di acara puncak hari jadi Tanah Laut

lenterakalimantan.com, PELAIHARI – Setelah melewati rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Tanah Laut dengan sederhana. Puncak hari jadi ke- 56 tahun 2021 digelar di halaman kantor Bupati Tanah Laut, Senin ( 6/12/2021).

Meski sempat diguyur hujan puncak acara hari jadi ke- 56 tetap dilaksanakan lancar. Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyampaikan keberhasilan kerja selama tahun 2021 mengalami kemajuan, semua stakeholder bersinergi dan bahu-membahu serta bekerjasama dalam mewujudkan Tanah Laut yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

Menurutnya Semua elemen berkarya di bidangnya masing-masing. Tujuan dari kerja dan karya itu semua sejalan dengan visi pembangunan Kabupaten Tanah Laut tahun 2018-2023 yakni Tanah Laut berinteraksi, berkarya inovasi, tertata, religius, aktual dan sinergi.

Sukamta mengatakan bengawali tahun 2021 Kabupaten Tanah Laut. Mengalami tantangan yang cukup berat, selain masih berjibaku dalam penanganan pandemi covid 19 dihadapkan dengan terjadinya bencana banjir yang mengharuskan semua bahu-membahu, untuk mengatasi musibah tersebut dalam penanganan pasca bencana atau pemulihan korban bencana.

Peran serta pemerintah pusat kata Bupati dalam hal ini melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana, menjadi fokus perhatian pemerintah daerah melalui dana siap pakai BNPB Kabupaten Tanah Laut. Dimana Pemda Mendapatkan bantuan sebanyak Rp.11,7 miliar untuk perbaikan rumah dengan kategori rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan.

Dengan harapan, masyarakat merasa terbantu khususnya kerugian dalam sektor pemukiman peran serta pemerintah masyarakat dunia usaha akademisi dan media, memegang peran penting dalam penanggulangan bencana.

Sukamta mengurai penanganan bencana banjir Kabupaten Tanah Laut pada awal tahun 2021 yang lalu, dimulai sejak tanggal 9 Januari 2021 sehingga Sampai Akhir Januari semua bisa tangani dengan baik.

“Semua itu tidak lain adalah kerjasama antara pemerintah daerah swasta seluruh stakeholder seluruh masyarakat Kalimantan Selatan dan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Bupati.

Bupati mengucapkan, terima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dan seluruh rakyat Tala, Dimana penanganan bencana banjir awal tahun berjalan dengan baik dan tanpa ada komplain tanpa ada rasa kekecewaan dari seluruh korban di Kabupaten Tanah Laut.

Itu tak lepas Pembentukan, kelompok – kelompok relawan di Desa tangguh bencana, untuk meminimalisir jumlah korban terdampak akibat bencana banjir, tanah longsor dan karhutla dan juga bencana lain yang dapat mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat pada tahun 2021.

Terkait virus covid 19 sambung Bupati masih terjadi dengan jumlah kasus terkonfirmasi sampai dengan 3 Desember 2021.
Sebanyak 8.106 orang dan 7.874 orang sampai hari ini positif 6 orang dan meninggal sejak 2 bulan yang lalu tidak ada penambahan sebanyak 226 orang.

“Berbagai upaya terus kita lakukan untuk menangani virus diantaranya
dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 pemerintah dalam menyediakan fasilitas khusus di eks Rumah Sakit Hadji Boejasin dan balai diklat BKPSDM Kabupaten Tanah Laut,”katanya.

Namun sejak 2 bulan lanjut dia sudah ditutup karena tidak ada lagi pasien yang harus kita isolasi walaupun masih ada kasus positif mereka masih bisa melakukan isolasi mandiri di bawah pengawasan TPK desa dan Satgas covid 19 Kecamatan.

Keberhasilan ini kata Bupati, melaksanakan testing, tracing dan treatment, karantina mandiri dan percepatan vaksin untuk mencapai immunity, sampai akhir Desember akan mencapai vaksinasi 70% untuk melakukan vaksinasi sampai ke tingkat Desa sampai rumah ke rumah.

“Kami semua mohon bantuan kepada seluruh masyarakat Tanah Laut, mari segera melakukan vaksinasi agar aman dan tercapai yang namanya imunitas masa di Kabupaten Tanah Laut yang ke-3 melakukan kerjasama lintas sektor,”katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *