Sukamta Bahas RDTR Dengan Kementerian ATRBPN, Kota Pelaihari dan Takisung Diajukan

Bupati Tala HM Sukamta rapat koordinasi lintas sektor di Aula Hotel Sheraton Jakarta, Selasa (11/1/2022).
Bupati Tala HM Sukamta rapat koordinasi lintas sektor di Aula Hotel Sheraton Jakarta, Selasa (11/1/2022).

lenterakalimantan.com, ELAIHARI – Upayakan modernisasi daerah, Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta menyampaikan pembahasan isu strategis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Takisung kepada pihak Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATRBPN) dalam rapat koordinasi lintas sektor di Aula Hotel Sheraton Jakarta, Selasa (11/1/2022). 

“RDTR ini perlu kami ajukan dengan berbagai pertimbangan, diantaranya untuk modernisasi Kota Pelaihari, untuk pengembangan perekonomian modern, peningkatan fasilitas infrastruktur, mitigasi bencana dan mempersiapkan Tala sebagai daerah penunjang untuk ibu kota negara baru di Kalimantan Timur,” ujar Sukamta. 

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Sukamta berharap pihak kementerian pusat dapat mendukung realisasi RDTR ini melalui program-program kementerian yang ada. Menurutnya realisasi RDTR ini sangat strategis dalam menunjang peran Tala sebagai bagian dari kawasan Banjarbakula (Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Tala). 

“Banjarbakula adalah kawasan strategis provinsi yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), untuk itu kita di Tala akan terus mengupayakan pembangunan dan modernisasi daerah. Tahun ini kita ajukan Pelaihari dan Takisung, selanjutnya kita juga akan segera ajukan RDTR wilayah Kecamatan Bati-Bati dan Kecamatan Jorong sebagai kawasan industri,”pungkasnya. 

Rapat yang melibatkan unsur Pemerintah Kabupaten Tala dan para pejabat kementerian tersebut membahas Rancangan Peraturan Bupati Tala tentang RDTR Wilayah Perencanaan Pelaihari dan RDTR Wilayah Perencanaan Takisung Tahun 2022-2042. 

Turut hadir pada rapat tersebut Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATRBPN Abdul Kamarzuki, Ketua Komisi III DPRD Tala H. Arkani beserta anggota, Sekda Tala H Dahnial Kifli, para perwakilan kementerian pusat dan para kepala dinas terkait.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *