Bupati Tala Bangga Kesenian Kuda Lumping Tronggo Budoyo Tetap  Dilestarikan

Bupati Tala HM Sukamta, saat memberikan Saweran pemain Kuda Lumping
Bupati Tala HM Sukamta, saat memberikan Saweran pemain Kuda Lumping

lenterakalimantan.com, PELAIHARI – Giliran Desa Sungai Jelai, Kecamatan Tambang Ulang menjadi tuan rumah dalam agenda rutin Pemkab Tala di acara Manunggal Tuntung Pandang ( MTP) yang dilaksanakan pada hari Jumat ( 1/7/2022).

Kedatangan Bupati Tanah Laut  H. M. Sukamta pada rangkaian Manunggal Tuntung Pandang (MTP), di Desa Sungai Jelai, disambut Kesenian dari Tronggo Budoyo, kesenian itu berupa kuda lumping yang dimainkan oleh anak-anak.

Bacaan Lainnya

Orang nomor satu di Tala tersebut, meras kagum dan merespon positif melihat kesenian budaya menyambut kedatangannya. Dikesempatan itu sedikit saweran diberikan Bupati kepada pemain seni kuda lumping bentuk apresiasinya.

“Saya bangga melihat anak-anak yang mau melestarikan budaya seperti kuda lumping ini,” katanya , usai meninjau beberapa pelayanan yang dihadirkan pemerintah pada MTP ini.

Menurutnya, pelestarian budaya seperti ini harus tetap dipertahankan. Jangan sampai anak-anak lebih banyak mengenal budaya luar daripada budaya sendiri.

“Mempelajari budaya seperti ini dapat menjadi salah satu cara membentuk karakter kita sebagai orang Indonesia, terlebih bagi anak-anak generasi kita. Agar tidak tercabut dari akar budayanya,”tandasnya.

Sairun, Ketua Kelompok Seni Budaya Tronggo Budoyo mengaku senang bisa membuat anak didiknya tampil dihadapan para pejabat Kabupaten.

Kendati demikian,  tidak menyangkal jika sementara harus menggunakan peralatan yang kurang layak.

“Mudah-mudahan kegiatan anak-anak seperti ini dapat dukungan penuh dari pemerintah,” harapnya.

Ia bilang, kesenian kuda lumping berdiri sejak 1985, kelompok ini ternyata sudah banyak menelurkan berbagai generasi yang telah melestarikan kesenian ini dan saat ini sudah berdiri cabang kelompok ini di daerah lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.