Bupati HST Buka Workshop Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa

Bupati HST H Aulia Oktafiandi saat membuka acara workshop tata kelola badan usaha milik desa.
Bupati HST H Aulia Oktafiandi saat membuka acara workshop tata kelola badan usaha milik desa.

lenterakalimantan.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Workshop Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS), Haruyan dan Labuan Amas Utara (LAU) Tahun 2022.

Acara tersebut secara resmi dibuka Bupati HST H Aulia Oktafiandi bertempat di Gedung Serbaguna Desa Rantau Keminting Kecamatan LAU, Rabu (9/112022).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas PMD, H M Fajaruddin dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai upaya peningkatan kapasitas pengetahuan dan wawasan dalam penumbuh kembangan BUMDesa yang merupakan representasi pemberdayaan lembaga usaha ekonomi masyarakat desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Lebih lanjut, para peserta berasal dari Kecamatan Labuan Amas Selatan, Kecamatan Labuan Amas Utara dan Kecamatan Haruyan sebanyak 81 orang terdiri dari Kasi Ekobang, Pembakal, unsur BPD, Pengurus BUMDesa dan tenaga Pendamping Desa.

“Narasumber yang dihadirkan Tenaga Ahli Pengembangan dan pemberdayaan ekonomi desa dan Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Desa DPMD Kab HST, ” tutupnya.

Mengawali sambutannya, Bupati HST H Aulia Oktafiandi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. Hal tersebut merupakan wujud perhatian dari pemerintah daerah melalui Dinas PMD melakukan pembinaan bagi pengurus BUMDesa sesuai dengan Arah kebijakan Pemda Kab HST mendorong Bumdesa sebagai motor penggerak utama dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan desa menuju Hulu Sungai Tengah Maju, Unggul dan Dinamis

Bupati Aulia berpesan kepada pemerintah desa berikan dukungan secara totalitas kepada BUMDesa agar tetap tumbuh dan berkembang menjadi lembaga mikro ekonomi didesa dan kepada pengelola BUMDesa terus bangun sinergi dengan semua pihak untuk menggali seluruh potensi yang ada di desa secara baik, terukur dan terarah serta kembangkan unit usaha yang produktif bersifat komersil.

Aulia berharap melalui workshop ini agar BUMDesa dapat memanfaatkan peluang sebaik baiknya dalam mengembangkan usaha dan memajukan BUMDesa sehingga dapat menghasilkan peningkatan PADesa serta ekonomi kreatif dan produktif masyarakat dalam rangka mendorong tercapainya kemandirian ekonomi desa.

“Selamat mengikuti kegiatan ini, semoga ilmu yang diperoleh dari narasumber dapat bermanfaat sebagai upaya kita bersama menumbuh kembangkan perekonomian rakyat, menciptakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat yang pada gilirannya upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga dapat segera terwujud,” tutupnya.

Dalam kegiatan itu turut dihadiri Camat Labuan Amas Utara, Kepala Dinas PMD beserta jajaran, Narasumber dan peserta Workshop Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa dari Kecamatan Labuan Amas Selatan, Haruyan dan Labuan Amas Utara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.