Pemkab Barut Gelar Gerakan Pangan Murah

Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara menggelar Gerakan Pangan Murah yang di buka oleh Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Muara Teweh, Senin (25/3/2024). Foto: Pemkab Barito Utara
Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara menggelar Gerakan Pangan Murah yang di buka oleh Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Muara Teweh, Senin (25/3/2024). Foto: Pemkab Barito Utara

lenterakalimantan.com, MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara menggelar Gerakan Pangan Murah yang di buka oleh Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Muara Teweh, Senin (25/3/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pj Sekda Barut, unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK Pj. Bupati Barito Utara, Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Barito Utara sekaligus Komisaris Utama PT. Mitra Barito Grup Akhmad Gunadi, Pimpinan Intansi Vertikal BUMN, BUMD, Perbankan, Perusahaan dan Undangan Terkait Lainnya.

Bacaan Lainnya

Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara H Siswandoyo dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan gerakan pangan murah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan ditingkat produsen, konsumen serta memberikan kemudahan aksesbilitas pangan bagi masyarakat sehingga dapat menekan angka inflasi di Kabupaten Barito Utara.

“Adapun pangan murah yang disediakan pada hari ini meliputi beras, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, ikan nila, ikan lele dan lain-lain,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis dalam sambutannya berharap semoga kegiatan gerakan pangan murah ini, dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan pokok pangannya, terlebih lagi pada bulan puasa ramadhan 1445 Hijriah dan menjelang hari raya Idul Fitri, sehingga masyarakat yang dikategorikan kurang mampu sangat terbantu dengan gerakan pangan murah ini.

“Harapan kita bersama gerakan pasar murah juga dapat dilaksanakan diseluruh wilayah Kabupaten Barito Utara, sehingga masyarakat ditiap Kecamatan merasakan kegiatan gerakan pangan murah ini.” ungkapnya.

Lebih lanjut Pj Bupati juga menyampaikan terkait dengan kegiatan gerakan pangan pasar murah tingkat Kabupaten Barito Utara dikarenakan antara lain

  1. Kebutuhan akan pangan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang wajib dipenuhi.
  2. Pengendalian stabilitas pasokan harga pangan pokok merupakan salah satu agenda nasional yang membutuhkan sinergitas dari semua lintas sektoral.
  3. Harga dan pasokan bahan pangan pokok harus dikendalikan dengan baik dengan tujuan meminimalisir resiko terjadinya peningkatan inflansi.
  4. Dalam rangka stabilitas pasokan harga pangan salah satu upaya yang dapat dilaksanakan adalah melalui kegiatan gerakan pangan murah yang merupakan wujud dari hadirnya pemerintah dalam menjamin ketersediaan pasokan pangan dengan harga terjangkau.

Pj Bupati Barut juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Barito Utara yang juga sebagai Komisaris Utama PT. Mitra Barito Grup, Akhmad Gunadi yang turut serta berperan dalam memberikan subsidi dengan memberikan secara gratis bahan pangan seperti bawang merah, telur, gula, beras dan minyak goreng yang digelar pada kegiatan ini.

Kegiatan dirangkai dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada warga masyarakat berupa beras dan bibit tanaman yang dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pangan murah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *