405 Anggota PPS Kabupaten Tapin Resmi Dilantik, Siap Sukseskan Pemilu 2024

Sebanyak 405 anggota PPS Kabupaten Tapin resmi dilantik di Aula Gedung Galuh Bastari, Rantau. Minggu (26/05/2024).
Sebanyak 405 anggota PPS Kabupaten Tapin resmi dilantik di Aula Gedung Galuh Bastari, Rantau. Minggu (26/05/2024).

lenterakalimantan.com, RANTAU – Dalam suasana penuh semangat, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin, Fakhrian Noor, resmi melantik 405 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Aula Gedung Galuh Bastari, Rantau, pada Minggu (26/05/2024).

Acara pelantikan yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Zainal Abidin, mewakili PJ Bupati Tapin, serta para pejabat Forkopimda, Ketua Bawaslu Tapin dan jajarannya, Kapolsek, Danramil, perwakilan partai politik, dan jajaran KPU Tapin.

Bacaan Lainnya

Fakhrian Noor dalam pidatonya menyampaikan bahwa 405 anggota PPS yang dilantik akan bertugas di 126 desa dan 9 kelurahan di Kabupaten Tapin.

“Setiap desa dan kelurahan memiliki tiga anggota PPS, sehingga totalnya menjadi 405,” ujarnya, memberikan gambaran jelas tentang persiapan matang yang dilakukan.

Para anggota PPS yang baru dilantik ini diharapkan bisa menjalankan tugas berat yang diamanahkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Tugas tersebut mencakup verifikasi faktual pasangan calon perseorangan serta pemutakhiran data pemilih.

“Jumlah pemilih per TPS kini maksimal 600 orang, meningkat dari sebelumnya 300 orang,” jelas Fakhrian. Hal ini, menurutnya, akan mengurangi jumlah TPS secara signifikan.

PPS yang dilantik akan memulai tugas mereka segera dan akan bertugas selama 8 bulan hingga Januari 2025. Fakhrian juga menambahkan bahwa 30% dari anggota PPS yang dilantik adalah rekrutan baru, dengan komposisi yang memperhatikan kesetaraan gender, menunjukkan langkah maju KPU dalam inklusivitas.

Setelah pelantikan, seluruh anggota PPS langsung mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan mereka.

“Bimtek ini diharapkan membantu anggota PPS menjalankan tugas dengan baik dan tanpa hambatan,” kata Tsauban Abqorie, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Tapin.

Dalam sambutannya, Zainal Abidin menyampaikan ucapan selamat dan harapannya agar anggota PPS dapat bekerja dengan jujur, adil, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kami berharap anggota PPS menjaga integritas dan profesionalitas agar tidak ada warga yang kehilangan hak pilihnya,” tegasnya.

Penekanan pada kerjasama dan koordinasi antara PPS dan PPK juga disampaikan oleh Zainal Abidin. “Mari bersama-sama menyukseskan pemilihan kepala daerah. Semoga acara ini berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin terbaik bagi Kabupaten Tapin,” tambahnya dengan penuh harap.

Zainal Abidin menutup sambutannya dengan doa dan harapan agar pemilihan kepala daerah berjalan lancar dan aman serta menghasilkan pemimpin yang membawa kemajuan bagi Kabupaten Tapin.

“Semoga Allah SWT memberikan rahmat dan petunjuk kepada kita semua,” tutupnya dengan penuh keyakinan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *