Ajak Warga Temukan Arah Kiblat, Kakankemenag Balangan Siapkan Doorprize 20 Juta

Kakankemenag Balangan, Saribuddin. Foto: Kemenag Balangan
Kakankemenag Balangan, Saribuddin. Foto: Kemenag Balangan

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Balangan Saribudin mengajak warga untuk menemukan arah kiblat dalam fenomena Rashdul Kiblat/Istiwa A’zam yang akan terjadi pada Senin 27 Mei 2024.

Sebagai bentuk apresiasi Kakankemenag Balangan, pihaknya akan memberikan doorprize Rp 20 juta untuk 60 orang terpilih dalam partisipasi warga untuk menemukan arah kiblat saat peristiwa Rashdul Kiblat/Istiwa A’zam.

Bacaan Lainnya

“Rashdul Kiblat/Istiwa A’zam adalah fenomena di mana matahari berada tepat di atas Ka’bah, sehingga semua bayangan yang ditimbulkan dari benda tegak lurus akan menghadap ke arah kiblat,” ujar Saribuddin kepada lenterakalimantan.com via Whatsapp, Jumat (24/05/2024).

Ia menjelaskan, kegiatan ini tidak hanya membantu warga, tetapi untuk untuk memastikan arah kiblat yang benar, terlebih untuk mengetahui dan menjaga nilai keakuratan arah kiblat dalam melaksanakan ibadah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan arah kiblat yang benar, juga memberikan pemahaman dan kesadaran bagi warga akan pentingnya menjaga keakuratan arah kiblat dalam ibadah,” katanya.

Dia juga mengimbau kepada warga untuk mengecek kembali keakuratan arah kiblat seperti di rumah, kantor, fasilitas umum, tempat usaha, dan tempat lain yang sering dipergunakan untuk ibadah.

“Ini kesempatan yang sangat baik untuk memastikan arah kiblat yang kita gunakan selama ini apakah sudahlah benar?,” ucap Kakankemenag Saribuddin.

Menurut Kakankemenag Saribuddin, untuk melakukan pengecekan arah kiblat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni dengan menggunakan metode sederhana.

“Benda atau objek yang dijadikan patokan sifatnya harus tegak lurus dengan permukaan bumi, atau bisa menggunakan bandul yang menggantung, permukaan dasar, harus datar dan rata serta sesuai dengan acuan BMKG, RRI, atau Telkom, kesesuain waktu pengecekan dengan waktu Rashdul Kiblat yaitu pada pukul 16.18 WIB/17.18 WIta jelasnya pada 27 Mei 2024,” jelasnya.

Bagi peserta yang ingin mengikuti kegiatan Hari Sejuta Kiblat bisa mendaftar di http://s.id/harisejutakiblat. Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk mengupload foto pengukuran arah kiblat ke Instagram dan mention akun @harisejutakiblat serta menggunakan hastag #harisejutakiblat dan #bimasialm.

Kemenag RI juga menggelar kegiatan bertajuk Hari Sejuta Kiblat dengan tagline Temukan Kiblat, temukan Kekhusyuan. Kegiatan Hari Sejuta Kiblat dapat diikuti oleh semua kalangan atau masyarakat umum lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *