Disnakertrans Kotabaru Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Tenaga kerja

Sekda H Said Akhmad bersama kadisnakertrans H Halim Perdana membuka pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja, di BLK Kotabaru. Foto: Putri/lenterakalimantan.com
Sekda H Said Akhmad bersama kadisnakertrans H Halim Perdana membuka pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja, di BLK Kotabaru. Foto: Putri/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, KOTABARU – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru, melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) melaksanakan pembukaan pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja, di Aula BLK setempat, Rabu (29/5/2024).

Ada sebanyak 96 orang peserta terdiri dari 4 jurusan, merupakan lulusan SMA sederajat.Seperti jurusan komputer administrasi, teknik listrik, teknik las, dan otomotif.

Bacaan Lainnya

Pada acara pembukaan tersebut dihadiri Sekda Kotabaru H Said Akhmad, didampingi Plt Kepala Disnakertrans Kotabaru Halim Perdanakusuma, Kepala BLK Pebriyanta Sitepu, Camat Pulau Laut Sigam serta perwakilan pihak perusahaan.

Bupati Kotabaru melalui Sekda Said Akhmad, pelatihan kerja mempunyai peranan penting untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang kompeten, yaitu kemampuan untuk menguasai dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan di tempat kerja.

Hal Ini salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja adalah dengan menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi.

Bagi pemerintah sendiri, keberadaan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengurangi pengangguran di Kotabaru.

“Oleh sebab itu, besar harapan saya pelatihan ini dapat terjalin komunikasi yang baik antara peserta dengan penyelenggara dan seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan penuh perhatian sehingga dapat menyerap ilmu yang disampaikan oleh pemateri dengan baik,” katanya.

Kadis Disnakertrans, Halim Perdana Putra, mengatakan pelatihan dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan, 25 persen teori di kelas, 75 persen praktik di laboratorium dan workshop masing-masing kejuruan.

Untuk pembiayaan pelatihan dari APBD Kotabaru dan peserta mendapatkan bahan teori dan praktik, pakaian praktik, baju olahraga dan makan siang 1 kali .

“Berharap para peserta pelatihan kerja ini bisa menyerap ilmu dan praktik yang disampaikan oleh instruktur agar setelah selesai bisa mendapatkan pekerjaan dengan baik dan bisa mandiri,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *