Gelar Musppanitera, Ketua DKC Tanah Bumbu Terpilih: Akan Menarik Minat Pramuka Muda Melalui Teknologi

Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Tanah Bumbu gelar Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Puteri Putera (Musppanitera) yang bertempat di Gedung Kepemudaan, Kecamatan Simpang Empat.
Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Tanah Bumbu gelar Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Puteri Putera (Musppanitera) yang bertempat di Gedung Kepemudaan, Kecamatan Simpang Empat.

lenterakalimantan.com, TANAH BUMBU – Masa kepengurusan Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Tanah Bumbu 2019-2024 resmi berakhir. Untuk memilih kepemimpinan baru, Kwartir Cabang (Kwarcab) menggelar Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Puteri Putera (Musppanitera) Cabang selama dua hari, mulai 18-19 Mei 2024, di Gedung Kepemudaan, Kecamatan Simpang Empat.

Kegiatan pemilihan Ketua Dewan Kerja Cabang Tanah Bumbu Masa Bakti 2024-2029 ini diikuti oleh delapan kecamatan dari 12 kecamatan di Tanah Bumbu. Perwakilan dari Kecamatan Batulicin, Simpang Empat, Kusan Hilir, Karang Bintang, Mantewe, Kuranji, Satui, dan Sungai Loban hadir untuk menentukan masa depan organisasi.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 25 peserta berpartisipasi dalam Musppanitera, mengirimkan tiga utusan dari setiap Dewan Kerja Ranting (DKR) yang terdiri dari Ketua, Wakil, dan Sekretaris, serta satu orang dari unsur Dewan Kerja Cabang.

Meski empat kecamatan lainnya, yaitu Teluk Kepayang, Kusan Tengah, Kusan Hulu, dan Angsana, tidak dapat hadir, acara tetap berlangsung dengan semarak.

Persaingan sengit terjadi antara dua kandidat Ketua Dewan Kerja Cabang: Siti Noorhalisa dari Kwartir Ranting Simpang Empat dan M. Rizali Rahman dari Kwartir Ranting Kusan Hilir. Pemilihan dilakukan dengan sistem voting, di mana Siti Noorhalisa meraih delapan suara, unggul jauh dari M. Rizali Rahman yang hanya memperoleh satu suara. Alhasil, Siti Noorhalisa terpilih sebagai Ketua dan M. Rizali Rahman sebagai Wakil Ketua.

Kepada lenterakalimantan.com, Siti Noorhalisa mengungkapkan rasa bangganya. “Saya sangat bangga dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk memimpin Dewan Kerja Cabang Tanah Bumbu,” ujarnya dengan penuh semangat.

Noorhalisa berjanji akan mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya. Bersama pengurus baru periode 2024-2029, dia berencana untuk memanfaatkan teknologi guna menarik minat Pramuka Muda. “Kami akan lebih aktif menggunakan media sosial dan teknologi untuk menyebarkan informasi dan menarik minat generasi muda,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Noorhalisa juga berencana mengadakan berbagai kegiatan menarik yang akan meningkatkan minat dan bakat Pramuka di Tanah Bumbu.

“Kami ingin membuat kegiatan yang seru dan bermanfaat, agar semakin banyak pemuda yang tertarik bergabung dengan Pramuka,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kwarcab Tanah Bumbu H. Eka Saprudin, melalui Wakil Ketua Bina Muda Abdul Rahman, menyampaikan ucapan selamat kepada Siti Noorhalisa dan M. Rizali Rahman.

“Selamat atas terpilihnya Kak Siti Noorhalisa sebagai Ketua dan Kak M. Rizali Rahman sebagai Wakil Ketua. Kami berharap, di bawah kepemimpinan mereka, Gerakan Pramuka Tanah Bumbu akan semakin maju dan berjaya di kancah nasional,” ujarnya.

Abdul Rahman juga menjelaskan alasan ketidakhadiran beberapa pengurus DKR. “Dua kecamatan, Kusan Tengah dan Teluk Kepayang, memang belum memiliki Dewan Kerja Ranting karena baru dimekarkan. Sementara Kusan Hulu dan Angsana sudah meminta izin karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan,” terangnya.

Dengan hadirnya delapan kecamatan, acara Musppanitera berjalan lancar dan memenuhi syarat. Wakil Ketua Bina Muda berharap kepengurusan yang baru akan membawa angin segar bagi Gerakan Pramuka di Tanah Bumbu. “Semoga Pramuka Tanah Bumbu semakin maju dan berjaya di kancah nasional,” tutupnya penuh harap.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *